Accra (ANTARA News) - Pemain tengah Ghana Michael Essien bakal absen dari putaran final Piala Dunia setelah dia dinyatakan belum pulih dari cederanya lututnya, demikian dikatakan asosiasi sepak bola (FA) negara tersebut, Kamis waktu setempat.

"Satu evaluasi yang dilakukan bersama oleh tim medis berpengalaman dari asosiasi sepak bola Ghana dan klub sepak bola Chelsea menyatakan bahwa Essien belum akan bisa pulih 100 persen dari cedera lututnya hingga akhir Juli," kata FA Ghana dalam laman (www.ghanafa.org), seperti dikutip Reuters.

Pemain tengah Chelsea tersebut sempat pulih dari cedera lututnya dan membawanya ke Piala Afrika pada Januari, namun dia hanya mampu bermain 45 menit dalam turnamen yang berlangsung di Angola tersebut setelah dia merasakan cedera otot di Liga Champion pada Nopember.

Kondisi itu akan cukup menampar Ghana yang dilatih oleh Milovan Rajevac, karena Essien dianggap sebagai pemimpin dan sekaligus motor dati tim. Rejevac akan menentukan 23 nama pemain timnas yang akan menuju Piala Dunia pada Selasa.

Ghana akan mengawali Piala Dunia nya dengan menghadapi Serbia pada 13 Juni, dimana mereka juga akan menghadapi Jerman dan Australia di Grup D.

Essien selama ini telah mencetak tujuh gol dalam 50 penampilannya untuk negaranya dan dia juga turun bermain di Piala Dunia 2006 Jerman.

"Terakhir yang saya inginkan adalah bisa pulih dan bermain dan jika tidak bisa, saya memiliki kesulitan dalam karir saya," kata Essien dalam laman tersebut.

Sementara itu Ghana juga belum bisa memastikan kesehatan dua pemain kunci mereka yang lain yaitu Stephen Appiah dan John Mensah.

(Uu.A020/

(Uu.SYS/C/A020/B/A020) 28-05-2010 03:54:11

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010