Lisbon (ANTARA News) - Setelah penampilan yang memalukan saat ditahan imbang negara kecil Cape Verde di laga uji coba, Portugal kini bisa berangkat dengan kepala tegak ke Afrika Selatan setelah menghempaskan Kamerun 3-1 di Covilha, Portugal, Selasa (1/5) waktu setempat.

Raul Meireles mencetak dua gol dalam laga itu sementara bintang Kamerun, Samuel Eto'o menelan pil pahit setelah diusir wasit di menit 33 akibat akumulasi kartu kuning.

Eto'o yang baru pertama tampil membela tim nasional Kamerun setelah membantu klubnya Inter Milan meraih trigelar musim ini menerima kartu kuning pertama karena melanggar bek Portugal, Duda dan memprotes keputusan wasit yang mensahkan gol pertama Meireles di menit 32.

Keluarnya Eto'o menguntungkan Potugal yang kemudian berhasil menggandakan keunggulan lewat aksi memukau Meireles yang mencetak gol keduanya lewat tendangan terarah ke sudut kanan atas gawang Kamerun, sat menit menjelang turun minum.

Di babak kedua, meski bermain dengan sepuluh orang, Kamerun bisa memberi perlawanan yang sepadan. Terbukti di menit ke 70 Pierre Webó mencetak gol dengan memanfaatkan umpan matang Benoit Assou-Ekotto.

Sayangnya peruntungan Kamerun tidak berlangsung lama karena Nani menghujamkan gol pamungkas Portugal di menit 81 setelah menerima umpan silang dari Christian Ronaldo.

Di babak penyisihan Portugal akan bergabung bersama Brazil, Pantai Gading, dan Korea Utara di Grup G sementara Kamerun bersiap menghadapi Belanda, Denmark, dan Jepang di Grup E.
(Ber/A024)


Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010