Johannesburg (ANTARA News) - Kapten Swiss Alex Frei diragukan bisa tampil dalam tanding pembuka Piala Dunia melawan Spanyol minggu depan, akibat cedera engkel kanan saat latihan Rabu lalu.

Meski demikian, Frei diizinkan ikut berangkat bersama skuadnya yang diperkirakan tiba di Johannesburg, Kamis, seperti dilansir media Swiss.

Pelatih Swedia Ottmar Hitzfeld berharap cedera tersebut tidak terjadi pada ligamen atau ikatan sendi tulang.

"Saya tetap percaya dia bisa ambil bagian dalam Piala Dunia. Mungkin ia belum akan siap untuk laga perdana tapi saya yakin bisa memanggilnya setelah itu," katanya.

Hitzfeld menambahkan bahwa Frei mengalami cedera saat berusaha menekel rekannya Steve Von Bergen. Pemain penyerang itu terkapar di lapangan selama sekitar lima menit sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit.

Dokter tim Swiss Cuno Wetzel mengatakan, pemain Basel FC tersebut mengalami luka memar dan terkilir pada pergelangan kaki.

Pencetak gol tim Swiss ini sebelumnya mengalami beberapa kali cidera. Pada Februari, pemain berusia 30 tahun tersebut menjalani operasi akibat retak lengan yang dideritanya saat tanding liga sehingga harus absen selama 10 minggu.

Ia juga mengalami cedera lutut saat laga pembuka Swiss pada kejuaraan Eropa 2008 yang dituanrumahi oleh Swiss bersama Austria, sehingga harus melewatkan sisa turnamen itu.

Swiss akan menghadapi Chile dan Honduras di Grup H Piala Dunia, dan memulai laganya pada 16 Juni melawan jawara Eropa dan tim favorit Spanyol.

Reuters/S022/T009

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010