Bonn (ANTARA News/AFP) - Antusiasisme terhadap Piala Dunia 2010 juga terlihat dalam perundingan mengenai perubahan iklim yang digagas badan PBB tentang perubahan iklim (UNFCCC) hari Jumat ketika para wakil negara peserta mengenakan kaos tim nasional Afrika Selatan di balik jas formalnya.

Pembahasan mengenai perubahan iklim terkenal alot dan selalu berjalan lebih lama dari waktu yang ditetapkan. Tapi harapan bahwa pertemuan selama 12 hari ini dapat membuahkan hasil masih tinggi.

Pertemuan kali ini dijadwalkan selesai Jumat sore.

"Kami mendesak agar pembahasan ini segera selesai," kata salah satu anggota delegasi asal Afrika Selatan, Alf Wills.

Wills bersama rekan senegaranya yang lain dalam pertemuan hari Jumat ini mengenakan kaos sepak bola tim nasional di balik jasnya. Hal yang sama juga dilakukan Sekretaris Jendral UNFCCC Yvo de Boer yang mengenakan kaos bernomor punggung 17 yang menurut dia menggambarkan harapan agar sebuah kesepakatan akan tercapai di pertemuan ke-17 yang akan dilaksanakan di Afsel tahun 2011.

Sebelumnya, beberapa staf UNFCCC mengajak para anggota delegasi dan wakil LSM yang mengikuti pembahasan di Bonn untuk bertanding bola sebagai bentuk dukungan terhadap Piala Dunia 2010.

Tim UNFCCC memenangi pertandingan itu dengan skor 6-3.(*)
(T.A051/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010