Johannesburg (ANTARA News/Reuters) - Penyerang andalan Argentina Lionel Messi siap membela tim nasional di pertandingan perdana negaranya di Piala Dunia 2010 melawan Nigeria hari Sabtu.

Sehari sebelumnya saat Piala Dunia 2010 dibuka, harapan akan serunya pertandingan pembuka antara tuan rumah Afrika Selatan melawan Meksiko terpenuhi. Meriahnya upacara pembukaan yang digelar sesaat sebelum pertandingan hari Jumat juga membantah pendapat orang-orang yang mengatakan Afsel tidak akan sukses menggelar pesta bola sedunia di negaranya.

Perasaan bahagia seluruh rakyat Afsel sedikit terusik dengan kesedihan karena mantan Presiden Nelson Mandela tidak jadi menghadiri acara pembukaan Piala Dunia akibat masih berduka kehilangan cicit perempuannya dalam sebuah kecelakaan sehari sebelumnya.

Pertandingan hari sabtu menjanjikan hal yang lebih spektakuler lagi dengan penampilan pemain-pemain kelas dunia seperti Lionel Messi dan Wayne Rooney.

Argentina akan berhadapan dengan Nigeria di stadion Ellis Park, Johannesburg, pukul 21.00 WIB sementara Inggris akan melawan Amerika Serikat di Rustenburg.

Pertandingan antara Inggris melawan Amerika Serikat mungkin akan menjadi turnamen yang paling dijaga ketat polisi karena kekhawatiran adanya serangan teroris - walau polisi sebelumnya mengatakan tidak ada indikasi ke arah serangan semacam itu.



Paling ditunggu

Kemampuan Messi mengontrol bola yang luar biasa akan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu untuk disaksikan di Piala Dunia 2010. Argentina pun diunggulkan untuk menjadi juara grup, bahkan beberapa kritikus mengatakan tim ini bisa saja menjuarai Piala Dunia jika mereka menemukan gaya permainannya.

Namun, banyak juga yang meragukan Argentina karena berada dibawah pelatih belum berpengalaman Diego Maradona. Penampilan kurang bagus Argentina di kualifikasi zona Amerika Selatan lalu pun disebut-sebut karena kesalahan Maradona dalam mengambil keputusan.

Sementara Inggris yang difavoritkan menjadi juara dunia bersama Spanyol dan Brasil hari Sabtu nanti akan menghadapi perlawanan tim Amerika Serikat yang sudah berkembang dibawah pelatih Bob Bradley.

Pertandingan lain di hari Sabtu adalah antara Korea Selatan melawan Yunani di Port Elizabeth.(*)
(A051/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010