Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Amerika Serikat berhasil menahan imbang Inggris 1-1 pada pertandingan pembukaan Grup C final Piala Dunia 2010 di stadion Royal Bafokeng, Afrika Selatan, Minggu dinihari.

Inggris lebih dulu unggul di menit ke-4 melalui kaki kapten tim Steven Gerrard dari dekat titik pinalti.

Pada menit ke-19 striker AS Jozy Altidore melompat diatas Ledley King, namun gagal menyetak gol lewat sundulan kepalanya setelah mendapat umpan silang dari Landon Donovan.

Ditengah kedua tim yang saling menekan, pada menit ke-26 James Milner dihadiahi kartu kuning setelah menjatuhkan sesama pemain tengah Steve Cherundolo. Milner akhirnya ditarik keluar lapangan dan digantikan Wright-Phillips pada menit ke-31.

Serangan AS nyaris membuahkan hasil ketika Donovan menembak dengan kaki kanannya, namun sayang masih melebar di sebelah kanan kiper Robert Green yang berjuang keras menjaga gawangnya.

Pada menit ke-39 giliran pemain AS, Cherundolo, mendapatkan kartu kuning.

Baru pada menit ke-40 tembakan keras kaki kiri Dempsey berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 ketika bola yang sudah ditangan Green lepas dan menggelinding melewati garis mulut gawang.

Pada babak kedua pertandingan kian seru dan masing-masing tim mencoba membuat dan memaksimalkan peluangnya.

Bahkan Inggris untuk memperkuat pertahanannya, kemudian memanggil Jamie Carragher memasuki lapangan pada menit ke-46 menggantikan Ledley King.

Kartu kuning kedua untuk AS dihadiahkan kepada Jay DeMerit di menit ke-47. Kemudian untuk Carragher yang telah melanggar Robbie Findley, sebelum kapten Inggris Gerrard juga dihadiahi kartu kuning di menit ke-61 setelah melakukan pelanggaran terhadap Dempsey.

Berbagai usaha dan peluang di menit-menit selanjutnya di babak kedua tidak membuahkan gol, sehingga pertandingan berakhir imbang 1-1.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010