Johannesburg, Afrika Selatan (ANTARA News) - Bek Belanda Giovanni van Bronckhorst mengatakan ingin merayakan 100 penampilan internasional (caps) dengan kemenangan melawan Denmark, Senin, dan ingin menjadi pemenang Piala Dunia, bulan depan.

Pemain berusia 35 tahun ini akan menempati sisi kiri pertahanan Belanda dalam pertandingan perdana melawan Denmark di Stadion Soccer City, Senin.

Dia berharap dapat kembali ke Johanneburg, tempat penyelenggaraan babak final pada 11 Juli sebagai Juara Piala Dunia.

"Sangat menyenangkan bisa mencapai angka 100 ketika membela tim nasional, namun lebih penting tim memenangkan pertandingan," ujar Van Bronckhorst yang akan pensiun pasca Piala Dunia.

"Sebagai pemain, sangat baik memenangkan penghargaan dan trofi, itu yang selalu anda lakukan dan saya telah memenangkan hampir semua yang bisa saya raih dalam karir, terlepas dari Piala Dunia," ujarnya.

"Ini adalah kesempatan terakhir saya, dan saya berharap dapat kembali kesini dan berbicara beberapa minggu kedepan tentang memenangkannya (piala dunia),"

Belanda tidak pernah meraih Piala Dunia, walaupun mereka tampil di Final 1974 dan 1978.

Mereka selalu memiliki reputasi baik dalam penyisihan grup namun selalu gagal pada fase gugur dan Van Bronckhorst mengatakan dengan materi serta pemain bintang seperti Robin van Persie, Rafael van der Vaart dan Wesley Sneijder, Belanda sangat bersemangat menghapus catatan buruk itu.

"Kita selalu mengalami itu," ujar Bek Kiri Feyenoord yang memenangi Liga Champions Eropa bersama Barcelona pada 2006.

"Bermula dari 1974. Pada Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa, kita selalu memainkan sepakbola dengan baik, namun kita tersingkir setelah bermain gemilang di penyisihan grup,"

"Kita tidak pernah bermain baik di fase itu, dan mudah-mudahan kita bisa memperbaikinya disini," ujarnya.

Tim Oranye menjadi salah satu favorit di grup E, namun Van Bronckhorst menambahkan saat ini tim telah belajar dari Piala Eropa 2008, ketika mereka menyingkirkan Italia dan Perancis pada penyisihan grup, hanya untuk tersingkir dari Rusia di babak perempat-final.

"Sebagai tim kita sangat kuat dan mempunyai pemain yang dapat membuat perbedaan dalam pertandingan," ujarnya menambahkan Belanda juga siap menghadapi Kamerun dan Jepang di grup E.

"Kita telah bekerjasama sebagai tim, namun kita juga mempunyai pemain yang bisa memenangkan pertandingan dan kita telah tumbuh berkembang sebagai tim. Kita harus untuk terus melanjutkan ini untuk meraih Piala Dunia," ujarnya.(*)

AFP/S034/S005

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010