Port Elizabeth (ANTARA News) - Kapten tim Pantai Gading Didier Drogba akan memutuskan apakah ia cukup sehat dari cedera siku tangan, saat timnya melawan Portugal pada pertandingan awal Grup G Piala Dunia, Selasa, kata pelatih Sven-Goran Eriksson.

Pelatih dari Swedia itu mengaku tidak punya ide apakah Drogba, yang cedera lengan pada pertandingan pemanasan 4 Juli, akan sanggup bermain lawan Portugal, tetapi ia yakin pemain itu dapat turun pada laga lainnya.

"Jujur saja, saya tidak tahu saat ini," kata Eriksson ketika ditanya apakah Drogba akan turun lapangan di Port Elizabeth.

"Mungkin kami akan membuat keputusan beberapa jam sebelum bertanding. Ia berlatih bagus kemarin dan saya berharap ia akan baik saja, tetapi satu-satunya yang dapat membuat keputusan adalah Didier sendiri," katanya.

Dengan memakai pakaian berlapis, Drogba berlatih di Stadion Nelson Mandela Bay dalam udara dingin Senin dan para ofisial sekaligus ingin menyaksikan apakah pemain itu cukup sehat untuk berlatih.

Dengan mencetak 37 gol dalam berbagai kompetisi musim lalu, keikutsertaan Drogba melawan Portugal amat diharapkan pada laga penyisihan grup yang cukup ketat.

Mereka juga harus menghadapi juara lima kali Brazil serta tim yang penampilannya masih menjadi teka-teki, Korea Utara.

"Portugal adalah tim besar, banyak pemain bintangnya, tetapi mereka tidak akan mudah di lapangan," kata Eriksson, "Karena kami adalah tim bagus dan juga memiliki banyak pemain handal."

Ketika ditanya apakah Drogba akan turun pada pertandingan lainnya, ia mengatakan, "Saya kira ia akan ambil bagian dalam pertandingan lain. Kami belum pernah memanggil pemain lain, itulah kenyataannya."

Pemain cekatan tetapi belum berpengalaman Seydou Doumbia kelahiran Swiss, kelihatannya akan dicoba menggantikan posisi Drogba, bila pamain kunci itu masih belum dapat turun lapangan.

Pemain tengah Yaya Toure mengatakan, pertandingan akan berlangsung keras dan mereka berharap pengatur serangan itu akan dapat membantu mereka.

"Drogba merupakan salah satu pemain terbaik dan amat penting dalam tim kami, kami berharap ia tampil," kata Toure, yang mengesankan bagi media dan mengejutkan Eriksson karena ia mampu berbahasa Inggris, Prancis, Spanyol dan Portugal.

"Ia (Drogba) amat penting. Bila ia dapat bermain besok, rasanya amat bagus karena Portugal amat kuat. Mereka tim kuat dan tidak mudah ditundukkan," katanya.
(A008/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010