Durban (ANTARA News/Reuters) - Swiss sukses membuat kejutan di Piala Dunia 2010 dengan mengalahkan juara Eropa Spanyol 1-0 dalam pertandingan Grup H Rabu.

Kemenangan ini juga merupakan yang pertama kalinya bagi negara ini setelah 19 kali bertanding selama Piala Dunia tanpa menang sekalipun.

Gol yang diciptakan Gelson Fernandes di menit ke-52 tercipta berkat kemelut di muka gawang Spanyol saat itu. Sementara pemain-pemain Spanyol dengan segala kemampuan yang mereka punya tidak bisa menembus pertahanan Swiss.

"Kami sudah mencoba segala cara tapi tetap tidak berhasil. Hasil hari ini menandakan bahwa kami harus memenangi dua pertandingan selanjutnya," kata pelatih Spanyol Vicente del Bosque.

Dengan hasil ini, Swiss berada di peringkat pertama grup bersama-sama dengan Chile yang mengalahkan Honduras 1-0 di hari yang sama.

Setelah melalui babak pertama yang membosankan, Swiss nampaknya lebih bermain bertahan hingga akhirnya kemelut di muka gawang Spanyol membuat bola melambung ke arah Fernandes yang langsung menyambar bola dan mengarahkannya ke gawang Spanyol.

Setelah gol mnegejutkan itu, sang juara Eropa yang banyak difavoritkan sebagai juara dunia tahun ini kelihatan menguasai permainan namun tetap tidak bisa menciptakan peluang mencetak satu gol pun ke gawang Swiss.

Pelatih Vicente del Bosque yang memasang David Villa sebagai satu-satunya penyerang di babak pertama sempat menurunkan Fernando Torres dan Jesus Navas untuk membantu Villa mencetak gol. Namun usaha mereka tidak berhasil.

Di menit ke-70 tendangan Xabi Alonso masih membentur mistar gawang sementara semenit kemudian tendangan Navas masih bisa ditangkap kiper Benaglio. (A051/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010