Durban (ANTARA News) - Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque mengkritik permainan bertahan Swiss saat mengalahkan tim "Matador" 1-0, Selasa (16/6).

Swiss unggul berkat gol semata wayang yang dicetak Gelson Fernandez melalui serangan balik. Del Bosque tidak menyukai permainan Swiss yang cenderung bertahan, namun dia mengakui Swiss bertahan baik.

"Saya pikir itu hadiah yang berlebihan bagi mereka mengingat permainan sepak bola yang mereka mainkan. Mereka memainkan sepak bola bertahan dan mencoba untuk mengambil keuntungan dari serangan balik dan bola mati. Mereka bertahan dengan baik. Kami datang untuk menang dan kali ini kami kalah," kata Del Bosque, seperti dikutip ESPN Soccernet.

Spanyol lebih mendominasi jalannya pertandingan, dan berkali-kali menggempur pertahanan Swiss yang sayangnya tidak membuahkan satu gol pun. Spanyol menguasai 63 persen penguasaan bola, sedangkan Swiss hanya 37 persen.

"Kami mencoba mencari jalan keluar di sayap kami, memasang Fernando Torres. Permainan kami bukan hanya mendominasi penguasaan bola tetapi juga menemukan yang lebih dalam permainan kami. Kami memiliki kesempatan terutama di babak pertama untuk menyelesaikan pertandingan," kata pelatih berusia 59 tahun itu.

Juara Piala Eropa 2008 itu harus mengalahkan Chili dan Honduras bila ingin bertahan di Piala Dunia (PD).

"Kami tidak mengirimkan sinyal bagus bagi pesaing kami. Tetapi, kami harus kembali dan memenangi dua pertandingan yang akan kami hadapi. Setiap pertandingan berbeda," katanya.

"Kami harus bermain dengan bagus dan kami tidak akan kehilangan identitas kami. Dalam sepak bola anda bisa selalu kalah tetapi saya merasakan balas dendam atas kekalahan ini," kata mantan pelatih Real Madrid itu.
(ENY/A024)
 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010