Cape Town (ANTARA News) - Pemain Portugal Cristiano Ronaldo membela teman lawasnya Wayne Rooney yang penampilannya di Piala Dunia menuai kritikan akibat hasil seri yang diperoleh Inggris dalam dua pertandingan.

Rooney dan Ronaldo pernah bermain bersama di Manchester United (MU). Rooney sampai saat ini masih bertahan di Old Trafford, sedangkan Ronaldo sudah hengkang ke Real Madrid.

Inggris bermain imbang 1-1 melawan Amerika Serikat (AS) dan 0-0 melawan Aljazair. Gol tunggal Inggris dicetak oleh kapten Steven Gerrard, sementara Rooney sampai saat ini masih mandul.

Ronaldo mengatakan kegagalan Inggris bukan semata-mata kesalahan Rooney, namun dia menyadari pemain besar memang selalu disalahkan bila tim gagal menang.

"Wayne Rooney berusaha sangat keras, dia selalu seperti itu, tetapi dia tidak bermain sendiri. Sulit saat anda tidak mencetak gol atau bermain bagus, pemain besar selalu disalahkan," kata kapten Portugal itu, seperti dikutip Sporting Life.

Inggris harus memenangi laga terakhir mereka di grup C melawan Slovenia, bila ingin melaju ke babak kedua. Ronaldo optimis Rooney akan mengemban tugasnya dengan baik.

"Wayne pemain hebat dan akan melakukan pekerjaan bagus. Dia akan berusaha sangat keras melakukan pekerjaaan bagus," kata pemain berusia 25 tahun itu. Dia juga terkejut Inggris tidak mampu menang dalam dua pertandingan yang sudah dijalani.

"Saya melihat pertandingan Inggris dan saya agak terkejut mereka tidak menang," tambah Ronaldo.

Portugal sendiri baru meraih satu poin saat bermain imbang melawan Pantai Gading. Ronaldo dan kawan-kawan akan menghadapi Korea Utara dalam laga kedua mereka di grup G.
(ENY/A024)
 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010