Jakarta (ANTARA News) - Kekalahan 0-1 dari Swiss di laga penyisihan pertama Grup H Piala Dunia Afrika Selatan menjadi lecutan bagi Spanyol untuk tampil sempurna melawan Honduras, Selasa dini hari, di Stadion Ellis Park, Johannesburg.

Satu kesalahan kecil saja akan berarti para Matador harus hengkang lebih awal dari Afrika Selatan.

Karenanya pelatih Vicente del Bosque akan menurunkan formasi 4-4-2 yang lebih menyerang untuk mengatasi Honduras dibandingkan struktur 4-5-1 yang dipakai saat kalah dari Swiss di pertandingan sebelumnya.

David Villa dan Torres dikabarkan akan diturunkan sejak menit pertama untuk menggedor pertahanan Honduras.

Di sisi lain, Honduras yang tampil kurang meyakinkan ketika kalah 1-0 dari Chile di laga pertama tetap tampil optimis untuk menghadapi Spanyol yang punya skuad mumpuni.

Dengan Wilson Palacios menggalang kekuatan di lini tengah, Honduras ingin mematikan kreasi Xavi Hernandez di jantung mesin Spanyol.

Selain itu Honduras punya kisah menarik dengan Spanyol. Negara dari belahan Amerika bagian tengah itu pernah menahan imbang Spanyol 1-1 di Piala Dunia 1982, ketika La Furia Roja menjadi tuan rumah.

Catatan Pertemuan

Satu-sataunya sejarah pertemuan antara kedua negara adalah ketika Spanyol menjadi tuan rumah Piala Dunia 1982 dan hebatnya Honduras berhasil menahan imbang tuan rumah dengan torehan 1-1.

Fokus Pemain

Di Spanyol ketajaman David Vila kembali akan diuji. Setelah mengecewakan karena gagal memanfaatkan beberapa peluang emas ketika melawan Swiss, striker yang baru dibeli Barcelona dari Valencia itu dituntut untuk bermain lebih efektif.

Penjaga gawang Honduras, Noel Valladares, akan menjadi palang pintu terakhir pertahanan Honduras. Keahliannya mengamankan gawang teruji baik ketika tampil hampir sempurna menghalau tembakan-tembakan akurat para punggawa Chile.

Data Laga

Tempat: Stadion Ellis Park, Johannesburg

Wasit Utama: Yuichi Nishimura (Japan)

Wasit Garis: Hassan Kamranifar (Iran) & Saleh A Marzouqi (Uni Emirat Arab)

Wasit Keempat: Martin Vazquez (Uruguay).

Pemain dengan kartu kuning: Wilson Palacios (Honduras).
(Ber/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010