Johannesburg (ANTARA News) - Pantai Gading akan mempunyai satu kesempatan terakhir untuk bisa masuk ke 16 besar Piala Dunia 2010, menghadapi Korea Utara yang berharap bisa menyelamatkan harga diri bangsa di pertandingan Grup G, Jumat.

Masyarakat Afrika Barat berharap memperoleh keajaiban lolos dari grup kuat setelah Portugal menyapu bersih tim dari Asia itu dengan skor 7-0, yang tercatat sebagai perbedaan gol yang hampir tidak bisa diatasi yang menyebabkan tim Pantai Gading tertinggal untuk mencari intervensi dari Tuhan.

Pantai Gading harus dapat menghasilkan skor yang cukup banyak dalammmenghadapi Korea Utara dan berharap Brazil mampu mengalahkan Portugal di pertandingan lain dalam grup yang sama.

"Jika kami bisa tetap tinggal, maka hal itu adalah suatu keajaiban," kata `defender Arthur Boka. "Hanya Tuhan yang tahu (jika kita bisa melakukan itu)."

Pertandingan itu akan mempertemukan tim paling "fair" dalam turnamen melawan salah satu kesebelasan yang lebih mengutamakan fisik. Korea Utara melakukan tiga kali kesalahan dalam pertandingan yang cukup berat dan dikalahkan oleh Potugal. sementara Pantai Gading dihukum akibat 23 kesalahan dalam pertandingan yang cukup berat menghadapi Brazil.

"Jika Portugal bisa menunudukkan mereka dengan skor 7-0, mengapa kami tidak bisa melakukan hal yang sama ?," kata Boka, sekalipun baik dia maupun pemain tengah Gervinho -- yang mengatakan ia merasa putus asa saat menyaksikan pertandigan yang menyapu bersih lawan--tampak sangat yakin.

"Bagi kami hal yang lebih penting adalah bisa keluar dalam turnamen ini dengan kepala tegak," katanya mengulang yang diucapkan sedikitnya tiga kali saat jumpa pers dimana kedua pemain terlihat sedih.



Taktik Berbeda

Tempat Korea Utara pada pertandingan tersebut telah menggerakkan bangsa "reclusive" itu masuk kancah internasional dan mereka memulai dengan baik karena mampu membobol gawang Brazil sekalipun pada akhirnya kalah dengan skor 2-1 untuk Brazil.

Suatu kemajuan atas kejadian tersebut, pertandingan mereka melawan Portugal disiarkan secara langsung tapi hal itu menjadi sebuah perubahan bagi pemerintah yang kemudian menyesal setelah kebobolan gol berkali-kali dan membuat tim itu menyerah kalahPortugal dipuji sebagai tim yang bermain secara fair di Asia, karena tim tersebut hanya mencatat melakukan 13 kesalahan dan menerima dua kartu kuning selama pertandingan berlangsung.

Pelatih Kim Jong-hun mengatakan bahwa ia akan mengadopsi taktik berbeda --mungkin memperkuat pertahanan-- untuk pertandingan melawan pemain sepak bola Afrika tahun ini, yakni Tim Didier Drogba.

Telah dieliminasi, Korea Utara tidak perlu ada tekanan kompetitif untuk memenangkan pertandingan, tapi rival negara tersebut, yakni Korea Selatan bisa mencapai babak kedua (16 besar), mereka akan berniat sedikitnya memeperoleh satu poin.

"Masalah yang ada pada Tim Korea Utara itu adalah mereka selalu menemui kesulitan pada penyelesaian akhir," kata Boka dari Tim Pantai dan berharap masalah tersebut akan berlanjut di Kota Nelspruit, Jumat. ***4***





Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010