Jakarta (ANTARA News) - Kamerun telah kehilangan peluang untuk terus melangkah di Piala Dunia Afrika Selatan dan melawan Belanda di laga terakhir penyisihan Grup E, Jumat (24/6), di Stadion Green Point, Cape Town, hanya harga diri Afrika yang tertinggal untuk diperjuangkan.



Kalah 0-1 dari Jepang lalu ditekuk 2-1 oleh Denmark di dua laga awal penyisihan Grup E, Kamerun terpojok di urutan terendah klasemen grup tanpa mendulang satu pun nilai.



Akibatnya langkah tim besutan Paul Le Guen itu dipastikan hanya akan sampai di babak penyisihan Grup.Tetapi Kamerun tidak sendiri. Kecuali Pantai Gading yang harus menang lebih dari tujuh gol atas Korea Utara untuk mengikuti jejak Ghana lolos ke 16 besar, tim-tim Afrika lainnya seperti tuan rumah Afrika Selatan, Nigeria, dan Aljazair harus kalah di tanah sendiri.

Sementara Belanda yang telah memastikan lolos ke fase gugur dengan enam poin dari kemenangan atas Denmark dan Jepang tampaknya akan tetap menurunkan skuad terbaiknya untuk menghadapi Kamerun kecuali Arjen Robben yang belum pulih dari cidera hamstring.

Pelatih Bert van Marwijk ingin para pemainnya menemukan irama permainan dan semakin solid sehingga tampil lebih perkasa di perdelapan final.

Marwijk belajar dari kesalahan pelatih sebelumnya Marco van Basten di Euro 2008 dan Piala Dunia 2006 yang mengistirahatkan para pemainya di laga terakhir fase group tetapi kalah di perdelapan final.

Catatan Pertemuan

Belanda dan Kamerun telah dua kali bertarung. Di laga pertama keduanya bermain imbang tanpa gol pada 1998 di Arnhem, Belanda. Di laga kedua Belanda berhasil unggul 1-0 di Rotterdam pada 2006.

Fokus Pemain

Belanda akan kembali menempatkan Wesley Sneijder di lini tengah sebagai pengatur serangan. Sneijder diharapkan akan semakin mengasah visi dan ketajamannya serta menjadi simpul untuk mengeratkan kerjasama di lini depan.

Di kubu Kamerun pelatih Le Guen tampaknya akan melakukan perubahan dengan memasukan pemain gaek seperti Rigobert Song, Aurelien Chedjou, penjaga gawang Carlos Kameni untuk menginspirasi skuad Singa Gurun menangkal serangan tim Orange.

Data Laga

Tempat: Stadion Green Point, Cape Town.

Wasit Utama: Pablo Pozo (Cile)

Wasit Garis: Patricio Basualto and Francisco Mondria (Cile)

Wasit Keempat: Khalil Al Ghamdi (Arab Saudi).
(Ber/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010