Jakarta (ANTARA News) - Lima tim Amerika Selatan berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Afrika Selatan dan Selasa (29/6) dini hari, salah satu harus tersingkir dalam duel hidup mati antara Brazil melawan Chile di Stadion Ellis Park, Johannesburg.

Dominasi gaya sepak bola Amerika Latin hadir dalam wujud Argentina dan Uruguay, dua negara yang telah meloloskan diri ke perempat final, Paraguay, Brazil, dan Chile.

Brazil yang telah lulus dari ujian pertama setelah lolos tak terkalahkan dari 'Grup Neraka' kini akan menghadapi Chile tampaknya hanya mengenal gaya bermain menyerang .

Sepak bola pragmatis ala Dunga telah mengantarkan Brazil mengalahkan Korea Utara 2-1, melibas Pantai Gading 3-1, dan meraih hasil seri tanpa gol dengan Portugal.

Kembalinya Kaka yang sebelumnya absen akibat kartu merah saat melawan Pantai Gading, pulihnya cidera Elano, akan kembali mempertajam lini depan Tim Samba yang sempa tumpul saat melawan Meksiko.

Sementara Cile yang kerap menggunakan formasi 3-3-1-3 telah sukses mempertontonkan sepak bola menyerang ke hadapan dunia.

Menekuk Honduras 1-0, meruntuhkan pertahanan Swiss dengan satu gol tanpa balas, meski kemudian kalah 2-1 dari Spanyol, Chile lolos sebagai runner up grup H.

Akan tetapi Cile tampaknya akan kesulitan karena dua gelandang mereka, Gary Medel dan Waldo Ponce, yang menurut FIFA adalah dua pemain paling efektif di tim Cile, harus absen akibat akumulasi kartu kuning yang mereka terima di laga-laga sebelumnya.

Catatan Pertemuan

Dari 65 kali pertemuan sebelumnya, Brazil hanya pernah tujuh kali kalah dari Chile.

Meski demikian Brazil memenangkah tujuh laga terakhir, mencetak 26 gol, dan hanya kemasukan tiga gol dari Chile.

Kemenangan terakhir Cile atas Brazil terjadi pada babak kualifikasi Piala Dunia pada tahun 2000. Chile menang 3-0. 

Fokus Pemain

Kaka akan tetap menjadi andalan Brazil untuk mengisi posisi gelandang pengatur serangan di lini tengah. Meski belum mencetak gol, Kaka telah menunjukan kebolehannya ketika menyumbangkan dua assist saat mengalahkan Pantai Gading 3-1.

Di kubu Chile sang 'Wonder Kid' atau 'Bocah Ajaib', Alexis Sanchez akan kembali andalan untuk membongkar rapatnya pertahanan Brazil. Bekal tekhnik tinggi dan kecepatannya, striker Udinese, akan kembali membuktikan tuahnya seperti saat mengalahkan Honduras dan Swiss.

Data Laga

Tempat: Stadion Ellis Park, Johannesburg.

Wasit Utama: Howard Webb (Inggris)

Wasit Garis: Darren Cann dan Michael Mullarkey (Inggris)

Wasit Keempat: Martin Hansson (Swedia)

Pemain dengan kartu kuning: Luis Fabiano, Juan, Felipe Melo, dan Ramires (Brazil); Humberto Suazo dan Jorge Valdivia (Chile).
(Ber/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010