Johannesburg (ANTARA News) - Pesepak bola Brazil Kaka, yang diusir dari lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua pada pertandingan sebelumnya di Piala Dunia, kembali mendapat kartu kuning saat timnya menang 3-0 atas Chile, Senin, yang membuat pelatih Dunga mengeluh bahwa wasit salah sasaran dalam menjatuhkan hukuman.

Setelah mendapat kartu merah ketiganya sepanjang karir saat melawan Pantai Gading, Kaka yang biasanya tenang, dianggap sebagai panutan di Brazil, kembali mendapat kartu kuning karena menjegal Arturo Vidal pada babak pertama pertandingan putaran kedua, Senin, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Ini masalah, saya tidak ingin Kaka kembali mendapat larangan main," kata Dunga kapada wartawan.

"Pemain yang berbakat secara teknis itu mendapat hukuman dan pemain yang menendang dan terlibat pelanggaran dibiarkan.

"Kami punya tiga pemain dengan cedera dan kami tidak bisa kehilangan mereka pada babak ini."

Dunga menambahkan bahwa Brazil masih harus meningkat lagi kendati sejauh ini telah memberikan penampilan terbaiknya dalam kompetisi tersebut untuk mencapai perempat final.

"Kami harus meningkat dalam semua area permainan kami," katanya.

"Itu pertandingan yang sangat baik dan Chile bermain luar biasa bagus dengan banyak menguasai bola, mereka mengumpan bola dengan baik, tetapi Brazil mampu menjaga keseimbangan dan tetap dalam kendali.

"Dalam pertandingan Piala Dunia ini kami harus maju dan memainkan sepak bola terbuka, itulah yang semua orang ingin saksikan."

Ia juga membantah bahwa taktik Brazil kaku.

"Saya selalu mengatakan bahwa para pemain saya mendapat kebebasan untuk bermain."
(F005/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010