Jakarta (ANTARA News)- Amerika Latin dan Eropa masih mendominasi Piala Dunia 2010 yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di tanah Afrika.

Ghana, satu-satunya wakil Afrika yang tersisa di perempat final, siap menjaga harga diri Benua Hitam saat menghadapi gempuran Uruguay di Stadion Soccer City, Johannesburg, Sabtu.

Uruguay bersama Argentina, Brazil, dan Paraguay mewakili Amerika Selatan berusaha menaklukan Afrika. Sementara Belanda, Jerman dan Spanyol mewakili Benua Tua Eropa.

Ghana tidak perlu cemas karena masyarakat Afrika berada di belakang mereka dan peluang untuk menjadi negara Afrika pertama yang lolos ke semi final Piala Dunia.

Akan tetapi Ghana tidak akan diperkuat oleh Andrew Ayew yang telah tampil gemilang bersama Kevin Prince Boateng di lini tengah.

Absennya Ayew membuka peluang gelandang Inter Milan, Sulley Muntari untuk tampil sebagai starter. Sementara Uruguay sejauh ini sukses tampil sebagai 'kuda hitam'.

Betapa tidak nyaris gagal masuk putaran final Piala Dunia setelah dipaksa melalui laga 'play off' oleh Argentina, pasukan binaan Oscar Tabarez itu kini punya peluang besar untuk lolos ke semi final.

Bukan tidak mungkin juara dunia tahun 1930 dan 1950 itu akan mengulang kesuksesan yang mereka raih lima dekade lalu.

Baru kebobolan satu gol dari empat laga yang diikutinya, Uruguay mempertontonkan keseimbangan lini belakang dengan lini depan yang diisi oleh dua striker ampuh, Diego Forlan dan Luis Suarez.

Pelatih Tabarez, meski sedikit merendahkan diri yakin tidak alasan bagi skuadnya untuk lengah dan gagal di pagelaran sepak bola sejagat itu.

"Kami memang tidak sedang membangun istana di langit tetapi saya tidak melihat alasan mengapa kami harus gentar menghadapi apa pun," kata mantan guru itu seperti yang dikutip ESPN Soccernet.

Catatan Pertemuan

Tim nasional Ghana dan Uruguay belum pernah bertemu sebelumnya di berbagai turnamen maupun laga persahabatan.

Fokus Pemain

Asamoah Gyan kembali akan mengisi lini depan Ghana setelah mencetak gol penentuan ketika menyingkirkan Amerika Serikat di 16 besar. Sebelumnya di babak penyisihan striker kekar itu mencetak dua gol hanya lewat titik pinalti.

Mencetak tiga gol di Piala Dunia Afrika Selatan, Luis Suarez telah masuk jajaran penyerang papan atas dunia. Striker yang mencetak 48 gol dalam 49 laga yang diikutinya di Ajax Amsterdaam itu membuktikan tuahnya ketika mencetak dua gol ke gawang Korea Selatan di babak 16 besar.

Data Laga

Tempat: Stadion Soccer City, Johannesburg.

Wasit Utama: Olegario Benquerenca (Portugal)

Wasit Garis: Jose Cardinal dan Bertino Miranda (Portugal)

Wasit Keempat: Alberto Undiano (Spanyol)

Pemain dengan kartu kuning: Jorge Fucile, Diego Lugano, dan Mauricio Victorino (Uruguay); Lee Addy, Anthony Annan, danPrince Tagoe (Ghana).

Absen karena akumulasi kartu kuning/merah: Andrew Ayew (Ghana).
 (Ber/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010