Abuja (ANTARA News/AFP) - Pemerintah Nigeria hari Senin mencabut larangan dua tahun yang diberlakukan terhadap tim sepak bola nasionalnya pekan lalu karena tampil buruk di Piala Dunia, menjelang batas waktu yang ditetapkan FIFA untuk mencabutnya, kata sumber kepresidenan.

"Pemerintah telah mencabut keputusan tersebut," kata sumber itu kepada AFP. Pengumuman resmi diduga akan diberikan kemudian.

Nigeria Rabu lalu menjatuhkan larangan dua tahun terhadap tim nasionalnya untuk tidak ambil bagian di kompetisi internasional, sehubungan dengan penampilan buruk tim itu di Piala Dunia di Afrika Selatan. Nigeria menduduki juru kunci di grup mereka, dengan hanya meraih satu angka dari tiga pertandingan.

Presiden Goodluck Jonathan juga memerintahkan audit terhadap dana yang digunakan tim tersebut di Piala Dunia.

Juru bicara Kementerian Olahraga , Tony Ohaeri mengatakan Senin pagi bahwa keputusan tersebut dikeluarkan "demi kepentingan sepak bola".

Tetapi, langkah tersebut menimbulkan reaksi marah badan sepak bola dunia, FIFA, yang memandangnya sebagai camour tangan politik terhadap olahraga tersebut.

Hari Jumat, FIFA memberi batas waktu kepada Nigeria hingga pukul 16.00 GMT hari Senin untuk mencabut keputusannya atau menghadapi "penskorsan terhadap federasi (sepak bola) Nigeria." (S005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010