Johannesburg (ANTARA News) - Penjaga gawang Jerman Manuel Neuer merupakan kiper yang paling banyak melakukan penyelamatan dari empat penjaga  gawang yang masih tersisa di Piala Dunia (PD) 2010.

Dia berharap bisa mencegah gawangnya dari kebobolan saat bertemu Spanyol di babak semi final.

Gawang yang dikawal Neuer baru kemasukan dua gol. Neuer sudah menyelamatkan 18 tembakan, lebih banyak dari kiper Uruguay Fernando Muslera yang melakukan 15 penyelamatan, kiper Belanda Maarten Stekelenburg dengan 13 penyelamatan dan kapten Spanyol Iker Casillas dengan 10 penyelamatan.

Media Spanyol menjuluki Neuer "Casillas Jerman." Pemain berusia 24 tahun itu merasa tersanjung dengan sebutan itu, meski mengaku belum pernah mendengarnya.

"Saya belum pernah mendengar itu, tetapi tentu saja suatu kehormatan dibandingkan dengan Casillas. Dia kiper luar biasa yang sudah menikmati banyak kesuksesan pada masa lalu. Tetapi, saya tetap ingin gawang saya kosong dan tetap sama dalam pertandingan Rabu," kata pemain Schalke itu, seprti dikutip situs resmi FIFA.

Gawang Jerman kebobolan saat dikalahkan Serbia dengan skor 1-0, juga saat menyingkirkan Inggris di perempat final dengan skor 4-1. Dia mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya yang sudah membantunya di lini pertahanan.

"Terima kasih untuk beberapa pertahanan bagus sehingga kami hanya kemasukan dua gol di turnamen, kami senang dengan hal itu," kata pemain berusia 24 tahun itu.

Casillas juga baru kemasukan du agol selama turnamen dan Neuer mengatakan Jerman membutuhkan sedikit kesombongan saat menghadapi Spanyol.

"Anda harus menunjukkan kepada lawan siapa bosnya. Bila anda berhasil, anda sudah mendapatkan sesuatu," kata Neuer.
(ENY/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010