Cape Town (ANTARA News) - Pelatih Belanda Bert Van Marwijk membela pemainnya Arjen Robben yang terkenal memiliki reputasi sebagai "pemain sandiwara", dan mengatakan Robben sudah berubah.

Gelandang Brasil Felipe Melo diusir keluar lapangan karena melanggar Robben saat kedua tim bertemu di perempat final. Menurut Melo Robben bereaksi terlalu berlebihan.

"Setiap kali dia disentuh dia akan melompat dan berguling di lantai," kata Melo, seperti dikutip ESPN Soccernet.

Van Marwijk memuji Robben sebagai pemain yang kreatif dan mengatakan mungkin Robben pernah melakukan tipu daya, namun dia sudah berubah.

"Dia tidak melakukan itu dengan sengaja. Arjen sangat cepat dan kreatif. Dia menghadapi lawan dan anda jatuh, atau bisa mendorong. Mungkin dia melakukan hal yang seharusnya tidak dia lakukan di masa lalu tetapi dia sudah belajar dan tidak melakukannya lagi," kata Van Marwijk.

Belanda akan bertarung melawan Uruguay di semi final Rabu (7/7) dini hari. Peletih Uruguay Oscar Tabarez memilih untuk fokus kepada kemampuan Robben di lapangan hijau daripada kemampuan pemain Bayern Munchen itu dalam urusan berpura-pura.

"Dia pemain sepak bola hebat. Dia sangat cepat, sangat gesit, sangat sukses. Saat dia bergerak sulit untuk bereaksi. Dengan kembalinya Robben, Belanda mendapat keuntungan besar. Mereka sudah bagus tanpa dia, tetapi sekarang mereka memiliki dia yang berkontribusi dengan baik," kata Tabarez.

"Seperti pemain sepak bola lain yang sukses di lapangan, saya tidak akan mengatakan dia 'penipu'. Itu hal yang terjadi dalam sepak bola. Itu tergantung kepada wasit untuk menentukan maksud pemain," tambah Tabarez.
(ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010