Durban, Afrika Selatan (ANTARA News) - Jerman dan Spanyol menyatakan mereka tidak melakukan latihan tendangan penalti menjelang pertandingan semi final mereka pada Piala Dunia 2010, Rabu.

"Anda tidak dapat merencanakan tendangan penalti, setiap pelatih ingin mendapatkan kemenangan pada laga 90 atau 120 menit dan tidak ingin menekankan pada penalti," ujar pelatih Jerman Joachim Loew.

"Tidak ada maksud untuk melakukan latihan tendangan penalti karena jika itu dilakukan maka terlalu banyak tekanan terhadap pemain, dan anda kemungkinan harus berhasil melakukan tendangan paling penting dalam hidup anda," katanya.

"Tidak ada gunanya mencoba mensimulasikan itu. Kami memiliki sejumlah pengeksekusi terbaik tendangan penalti, mereka telah mempertunjukannya di turnamen lain," katanya.

"Kami juga memiliki pemain yang sangat baik yang memiliki keberanian untuk berdiri tegak dan bertahan untuk menjalankan tugas tersebut. Tidak ada gunanya latihan (penalti), kami akan berusaha menang dalam waktu normal," katanya.

Pemain tengah Spanyol Xabi Alonso mengatakan mereka bahkan tidak tahu siapa yang bakal melakukan tendangan penalti jika adu tendangan penalti benar-benar terjadi.

"Terutama kami tidak berlatih apa pun, kami bahkan tidak membahas siapa yang akan melakukannya," ujarnya. "Kita akan lihat pada pertandingan besok (Kamis dinihari WIB)."

Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque mengatakan hal tersebut bahkan tidak terserah padanya dan dia yakin para pemian akan membuat keputusan itu jika dan bila waktunya tiba.

AFP/A016/A008

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010