Durban, Afrika Selatan (ANTARA News) - Pelatih Jerman Joachim Loew memuji tim Spanyol dengan menyebutnya sebagai master sepak bola dunia.

Loew menyatakan keyakinannya bahwa tim Matador akan menundukkan Belanda pada final Piala Dunia, Minggu (12/7), demikian laporan AFP.

Di tengah rasa frustasi akibat kegagalan Der Panzer menampilkan performa yang sama seperti saat melindas Inggris dan Argentina di babak sebelumnya, Loew memberikan pujian atas penampilan Spanyol dan menyatakan bahwa mereka layak menerima kemenangan 1-0 pada laga semi final, Rabu.

"Tentu saja kami kecewa, sama halnya dengan anda jika gagal di semi final," kata Loew.

"Namun, kami harus mengucapkan selamat kepada Spanyol. Mereka bermain sangat bagus dan selama dua atau tiga tahun belakangan ini mereka termasuk tim paling bagus.

"Mereka membuktikan itu malam ini dengan cara mereka menggiring bola dengan cepat dan kami gagal memberikan penampilan sebaik laga sebelumnya.

"Saya pikir kami sedikit terhambat. Tapi itu sangat sulit. Saat kami berhasil mengambil bola dengan cepat kami bisa kehilangannya. Dan itu terjadi saat kita tidak 100 persen percaya diri.

"Tapi begitulah kalau bermain melawan Spanyol. Setiap tim yang menghadapi Spanyol harus bekerja ekstra keras."

Menjawab pertanyaan mengenai apakah Spanyol layak disebut sebagai tim terbaik dunia, pelatih Jerman tersebut mengatakan, "Ya saya setuju. Mereka memenangi kejuaraan Eropa (pada 2008) dengan cara yang sangat mengesankan. Mereka memenangi semua laga penting selama dua atau tiga tahun terakhir dan tim tersebut tidak banyak mengubah pemainnya."

"Ibaratnya mereka terbang dengan pilot otomatis sekarang. Saya yakin mereka akan terus melaju dan memenangi turnamen ini.

"Kalau mereka menginginkan, mereka akan menjadi tim yang sangat dominan dan sulit dikendalikan. Mereka adalah tim yang luar biasa. Mereka adalah rajanya permainan dan anda bisa lihat itu."

Meski bisa menerima kekalahan skuadnya, Loew yang belum mengatakan apapun mengenai posisinya setelah berakhirnya Piala Dunia, yakin bahwa timnas Jerman mempunyai masa depan yang cerah.

"Hati para pemain tengah hancur. Tapi saya tetap mengucapkan selamat atas permainan mereka yang memuaskan selama turnamen."

"Kami harus mencoba dan membangunkan mereka kembali besok karena kami masih harus menghadapi satu laga lagi --untuk memperebutkan posisi ketiga melawan Uruguay."

Ditanya mengenai masa depannya sebagai pelatih yang mulai diperbincangkan sejak berakhirnya kontrak dengan federasi sepak bola Jerman awal tahun ini, Loew mengatakan, "Jika anda menanyakan apakah saya akan bertahan, saya tidak akan menjawab itu sampai berakhirnya turnamen."

"Tapi tim ini masih akan tetap sama. Kami punya sekelompok pemain yang luar biasa dan siapa pun pelatihnya tim ini akan tetap bertahan. Kita masih jauh dari akhir. Justru kita baru memulai," katanya menambahkan.
(Uu.S022/F005/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010