Cape Town (ANTARA News) - Kapten Timnas Belanda Giovanni van Bronckhorst berharap laga final Piala Dunia (PD) 2010 yang merupakan pertandingan terakhirnya sebelum pensiun akan menjadi pertandingan terindah sepanjang hidupnya.

Belanda akan bertarung melawan Spanyol untuk memperebutkan trofi PD pada hari Minggu (11/7).

Belanda dua kali masuk final PD, namun belum pernah meraih gelar PD. Bila Van Bronckhorst dan kawan-kawan bisa mengalahkan Spanyol, mereka akan mencetak sejarah baru bagi Belanda.

Van Bronckhorst pertama kali membela Belanda tahun 1996. Pertandingan final PD akan menjadi pertandingan internasional Van Bronckhorst yang ke 106. Pemain berusia 35 tahun itu tentu ingin mengakhiri masa pensiun dengan mempersembahkan gelar bagi negaranya.

"Tidak ada tangis, hanya kegembiraan. Pertandingan terakhir dalam karir saya dan itu final Piala Dunia, apa yang bisa anda harapkan? Tidak ada yang lebih indah dari itu. Saya harap itu akan menjadi pertandingan terindah dalam hidup saya. Bagi semua orang, itu akan menjadi pertandingan dalam hidup mereka," kata Bek Feyenoord itu, seperti dikutip FIFA.com.

Pada babak semi final Belanda mendepak Uruguay dengan skor 3-2. Van Bronckhorst berjasa mengantar Belanda ke babak final, berkat gol pembuka yang dicetaknya dari jarak 28 meter. Pemain sayap Belanda Arjen Robben memuji gol indah Van Bronckhorst itu.

"Itu hebat dan bagus bagi dia," kata pemain Bayern Munchen itu.

Robben menambahkan,"Dia bermain dalam dua pertandingan terakhir dalam karirnya, dan sekarang yang paling akhir adalah final Piala Dunia. Itu mengagumkan."

Asisten pelatih Frank de Boer juga tidak mau ketinggalan memuji gol yang dicetak Van Bronckhorst.

"Itu benar-benar indah, tendangan yang sangat sempurna. Untuk menendang bola seperti itu mungkin hanya terjadi sekali seumur hidup," kata  De Boer.
(ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010