Makassar (ANTARA News) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), H.M. Jusuf Kalla, menjamin ketersediaan stok darah bagi korban kecelakaan KA Argo Anggrek yang menabrak KA Senja Utama di lintasan Desa Jatimulyo, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Jusuf Kalla yang dikonfirmasi wartawan di Makassar, Sabtu, menegaskan PMI sudah menggerakkan seluruh relawan, menyiapkan ambulans hingga kantong darah bagi korban-korban kecelakaan kereta api itu.

"Sejak malam tadi hal-hal itu sudah dipersiapkan dan semuanya sudah dikirim kesana," katanya.

Data PMI merinci, sebanyak 52 relawan dan delapan ambulans dari PMI Pemalang telah dikirim untuk membantu korban kecelekaan kereta api itu.

Sementara itu, stok darah sebanyak 25 kantong golongan darah A, 54 kantong untuk golongan darah B, 21 kantong golongan darah C hingga 24 kantong khusus golongan darah AB telah di persiapkan dan dikirim di tempat tersebut.

Bahkan, PMI juga telah memerintahkan seluruh unit transfusi darah yang berada di sekitar lokasi peristiwa untuk tetap berjaga-jaga, jika sewaktu-waktu ada penambahan stok kebutuhan darah.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010