Jakarta (ANTARA News) - Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Pol Timur Pradopo akan fokus sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Mabes Polri, jabatan yang baru didudukinya.

"Saya akan fokus dan melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan oleh Komjen Pol Iman," kata Timur seusai dilantik Kapolri sebagai Kabaharkam di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri di Jakarta, Senin.

Sementara penjabat Kabaharkam yang lama Komjen Pol Iman Hariatna memasuki masa pensiun.

"Saya terkejut dan baru hari ini diperintahkan dan saya menerima karena sebagai anggota Bhayangkara siap melaksanakan tugas," katanya.

Saat disinggung apakah siap untuk menjadi Kapolri bila ditunjuk presiden, karena sudah menyandang bintang tiga secara administrasi sudah memenuhi syarat, Timur mengatakan siap melaksanakan tugas yang diberikan.

Kapolri mendadak lantik dua Kapolda baru yakni Metro Jaya dan Jawa Barat.

Sertijab Kapolda Metro Jaya dari Komjen Pol Timur Pradopo kepada Irjen Pol Sutarman, kemudian jabatan Kapolda Jawa Barat yang ditinggalkan Sutarman diserahkan kepada Irjen Pol Suparni Parto yang sebelumnya menjabat di Badan Intelijen Negara (BIN).

Kapolri mengatakan sertijab tidak ada hubungannya dengan nama calon Kapolri baru yang diajukan, tapi bila presiden meminta nama lagi, maka siap diberikan.

Jabatan Kapolri itu hak prerogatif presiden, siapa yang akan diajukan adalah internal Polri.

(S035/R010/S026)

Pewarta: NON
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010