Jakarta (ANTARA News) - Satu lagi petenis Indonesia, Vita Taher, lolos ke babak kedua turnamen tenis Alfamart International ITF Women`s Circuit berhadiah total US$ 10.000 atau sekitar Rp100 juta setelah menang atas petenis Jerman, Janina Mistecky, 7-5, 6-2 di lapangan Kompleks Stadion Tenis Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa.

Pemain Indonesia yang lebih dulu lolos ke babak kedua yakni Cynthia Melita (unggulan keenam), Grace Sari Isydora, Aldila Sutjiadi.

Dengan hasil tersebut Vita di babak kedua menghadapi Cynthia. Pertandingan antara kedua pemain Indonesia ini dijadwalkan berlangsung hari Kamis.

Lolosnya empat petenis Indonesia ke babak kedua ini menurut Direktur Turnamen, Teddy Tanjung, merupakan hasil yang bagus.

"Untuk itulah turnamen ini diselenggarakan. Hasil ini menunjukkan kemajuan dibandingkan dengan seri pertama turnamen ini minggu lalu. Kalau kalah di babak pertama mereka tidak akan memperoleh poin yang berguna untuk memperbaiki peringkat mereka di dunia. Dengan lolos ke babak kedua mereka akan memperoleh poin dan peringkat masing-masing bakal naik." tutur Teddy.

Terdapat delapan pemain Indonesia yang tampil pada babak utama turnamen ini. Dua pemain langsung masuk babak utama karena peringkat dunia mereka memungkinkan, yakni Sandy Gumulya (587) dan Cynthia Melita (926).

Empat pemain mendapat wild card atau hak istimewa tanpa melalui babak kualifikasi, yakni Grace Sari, Vita, Laili Rahmawati Ulfa, dan Aldila Sutjiadi. Dua lagi lolos melalui babak kualifikasi, yaitu Voni Darlina dan Bella Destriana.

Sementara itu pada pertandingan babak pertama nomor ganda yang diikuti 16 pasangan, unggulan pertama Sandy Gumulya/Moe Kawatoko (Indonesia/Jepang) lolos ke babak kedua atau perempat final. Pasangan unggulan pertama ini menang 6-2, 6-0 atas Voni Darlina/Aldila Sutjiadi (Indonesia).

Pada babak perempat final Sandy/Kawatoko menghadapi Yang Zi/Zhou Ya (China). Ganda dari China ini di babak pertama menyisihkan Majoly De Wilde/Stefanie Tan (Belgia/Singapura) 7-6 (4), 1-6 (10-7).

Hasil pertandingan ganda lainnya, unggulan ketiga Hong Seung-Yeon/Kim Hae-Sung (Korsel) menang 6-3, 6-1 atas Jawariah Noordin/Grace Sari Isydora (Malaysia/Indonesia).

Pada babak perempat final berikutnya Hong/Kim menghadapi ganda Indonesia Bella Destriana/Cynthia Melita (Indonesia) yang menang 6-3, 6-2 atas Janina Mistecky/Yoshino Sayaka (Jerman/Jepang). Ganda Jerman/Jepang ini masuk babak utama menggantikan pasangan Prerna Bhambri/Kyra Shroff yang mundur karena shroff sakit

Kemenangan telak dibukukan pasangan Lee Hua-Chen/Anna Tyulpa (Taiwan/Rusia) 6-0, 6-0 atas ganda Indonesia, Hanemas Pangestu/Tri Oktavira Puspa Ratih. Lee/Tyulpa di babak perempat menghadapi Diana Bogoliy/Kim Ju-eun (Ukraina/Korsel) yang di babak pertama menyisihkan Michika Ozeki/Maya Wakui (Jepang)7-5, 6-1.

Unggulan kedua Chan Hao-Ching/Sirui HE (Taiwan/China) juga membukukan kemenangan 6-3, 6-3 atas Vannesa Gunawan/Vita Taher (Indonesia). Di perempat final Chan/Sirui bertemu Rana Shweta/Vaidya Kanika (India), yang di babak pertama menang 6-1, 6-0 atas Kimberly Isabella/Idhun Safaati (Indonesia).

Pertandingan babak perempat final nomor ganda ini akan dilaksanakan Rabu. Selain itu delapan pertandingan babak pertama tunggal putra juga akan dilaksanakan Rabu.

(ANT-133/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010