Jakarta (ANTARA News) - Runner Up 1 Putri Pariwisata Indonesia 2009, Rieke Caroline, berhasil meraih juara Runner Up Pertama dalam ajang pemilihan ratu pariwisata sejagad "Miss Tourism Queen of The Year International 2010".

"Rieke Caroline berhasil menyisihkan peserta lainnya dari 78 negara di dunia," kata Ketua Umum Yayasan El John Indonesia (pemegang lisensi penyelenggaraan pemilihan Putri Pariwisata Indonesia), Johnie Sugiarto, dalam jumpa pers bersama Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik di Jakarta, Selasa.

Rieke yang lahir di Jakarta 19 Mei 1988 itu mewakili Indonesia dalam ajang Miss Tourism Queen of The Year International 2010 yang berlangsung di Shandong, China, pada 25 September 2010.

Selain meraih juara 1st Runner Up dalam ajang pemilihan ratu pariwisata sejagad "Miss Tourism Queen of The Year International 2010", Rieke juga berhasil menyabet gelar Miss Friendship.

"Rieke juga masuk dalam Top 6 Miss Talented sehingga diberi kesempatan tampil menyanyi di panggung final dengan mewakili nama Indonesia," kata Johnie.

Rieke Caroline sendiri menyatakan bangga dapat mewakili Indonesia sekaligus mempromosikan pariwisata Indonesia ke level dunia.

Dalam ajang internasional itu, Rieke menyatakan telah berupaya semaksimalkan mungkin dalam mempromosikan kekayaan pariwisata dan keunikan budaya Indonesia di hadapan para peserta lomba dan ribuan masyarakat China yang hadir dalam grand final.

"Pada acara sesi foto, saya mengenakan pakaian tradisional dari Sumatera serta mengenakan pakaian batik yang ternyata mampu menarik perhatian penonton," katanya.

Menurut dia, batik dianggap unik oleh banyak masyarakat di luar negeri bahkan salah satu pakaian batik Rieke diminta oleh peserta dari negara lain.

Sementara itu, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengatakan, keberhasilan Rieke Caroline meraih juara 1st Runner Up dalam ajang pemilihan ratu pariwisata sejagad "Miss Tourism Queen of The Year International 2010" mampu mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia.

"Pemerintah mengapresiasi prestasi ini, karena selain mengharumkan nama Indonesia juga mempromosikan pariwisata kita ke tingkat dunia," katanya.

Pihaknya berharap, seluruh finalis Putri Pariwisata Indonesia terus melaksanakan tugasnya sebagai duta pariwisata baik di tingkat daerah mereka masing-masing, di tingkat nasional, hingga internasional.

Adanya sesi mengenakan pakaian renang dalam ajang tersebut, Menteri menanggapi sebisa mungkin wakil dari Indonesia menghindari hal-hal yang berpotensi menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat.

"Kalau ada hal-hal yang tak cocok sebisa mungkin dihindari dan kalau terpaksa harus kalah karena tidak mengikuti sesi itu, tidak apa-apa yang penting sudah berupaya mempromosikan Indonesia," kata Menteri.

Sebelumnya, Putri Pariwisata Indonesia 2009, Andara Rainy, berhasil masuk peringkat 10 besar Miss Tourism International di Malaysia pada 2009. Andara juga menyabet predikat Miss Friendship dan Runner Up Miss Popularity di ajang yang sama.

(H016/S006/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010