Beijing (ANTARA News/AFP) - Petenis Denmark Caroline Wozniacki memastikan posisi nomor satu dunia dalam daftar peringkat WTA yang saat ini ditempati petenis AS Serena Williams, setelah dia melangkah ke perempat final China Terbuka di Beijing, Kamis.

Petenis berusia 20 tahun Wozniacki mengalahkan petenis Republik Ceko Petra Kvitova 6-3, 6-2 pada pertandingan babak ketiga di Olympic Green Tennis Centre di Beijing.

Wozniacki -- petenis pertama dari negaranya yang menduduki peringkat satu dunia -- akan menggantikan Williams, juara Grand Slam 13 kali, di posisi puncak peringkat WTA saat daftar baru akan dikeluarkan pada hari Senin. Dia memasuki turnamen di China ini dengan menempati peringkat kedua.

Williams terpaksa menarik diri dari China Terbuka karena cedera kaki yang dia alami sesaat setelah dia memenangi gelar Wimbledon keempat dia Juli lalu.

Petenis Denmark berambut pirang itu bertukar dua "break" dengan Kvitova -- yang mengalahkannya di babak 16 besar Wimbledon tahun ini -- sebelum akhirnya merebut set pertama saat forehand pemain Ceko itu mendarat di net.

Pada set kedua, Wozniacki -- unggulan ketiga di sini -- membuat petenis kidal Kvitova harus bergerak di seputar lapangan dan menghujani dia dengan "groundstroke" keras.

Dia mengangkat tangannya saat memastikan kemenangan dari poin servisnya sendiri.

Wozniacki merupakan pemain ke-20 dalam sejarah WTA yang mencapai peringkat satu dunia dan yang ke-10 yang melakukannya sebelum berusia 21 tahun.

Serena Williams (29) menduduki posisi puncak selama total 123 pekan selama karirnya. Sepertinya halnya Wozniacki, dia pertamakali mencapai posisi puncak saat berusia 20 tahun.

Wozniacki, yang bergabung ke dalam Tour lima tahun lalu, menempati peringkat 64 pada 2007. Setahun berikutnya, dia merebut gelar WTA pertamanya dan peringkatnya sejak saat itu tidak pernah menurun.

Tahun ini, dia merebut gelar di Ponte Vedra Beach, Copenhagen, Montreal, dan New Haven, sebelum merebut gelar turnamen Pan Pacific Open di Tokyo pekan lalu.

Tapi di AS Terbuka, di mana dia menjadi unggulan teratas, dia dikalahkan petenis Rusia Vera Zvonareva di semifinal.

Pada pertandingan lain, petenis China Li Na menundukkan petenis Jerman Angelique Kerber, 6-2, 6-0, untuk mencapai tempatnya di perempat final, tapi unggulan tujuh asal Rusia Elena Dementieva ditumbangkan petenis Serbia Ana Ivanovic.

Ivanovic, yang pernah menempati peringkat satu dunia, akan bertemu Wozniacki di perempat final.

Pada kelompok putra petenis peringkat empat dunia Andy Murray dan finalis Prancis Terbuka dua kali Robin Soderling lolos dari babak kedua.

Murray, unggulan kedua, harus berjuang keras untuk mengatasi petenis Spanyol Albert Montanes 7-5, 6-3, sementara Soderling bertarung hampir dua jam untuk mengalahkan sesama petenis Spanyol Nicolas Almagro, 7-5, 4-6, 6-3.

Petenis Spanyol David Ferrer, unggulan delapan, mengalahkan petenis Taiwan Lu Yen-Hsun dalam tiga set. Dia akan menghadapi Soderling pada perempat final. (I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010