Jakarta (ANTARA New) Samsung Electronics Co Ltd pada Rabu mengatakan ponsel pintarnya Galaxy S telah terjual lebih dari 5 juta unit sejak peluncuran Juni, menempatkan smartphone itu di jalur menantang rival yang lebih besar seperti Apple Inc.

Pembuat ponsel terbesar kedua di dunia itu juga memperkenalkan ponsel pintar terbarunya yaitu Wave II, yang menggunakan sistem operasi sendiri "Bada" yang ditujukan untuk segmen pasar mid-range.

Sebuah deretan ponsel pintar yang kurang mutakhir telah menjadi titik lemah Samsung yang membuat konsumen beralih ke segmen high-end yaitu Apple dengan terobosan iPhone pada 2007.

Galaxy S, merupakan jawaban Samsung atas iPhone, didukung oleh sistem operasi Google Android dan dijual melalui 100 operator di seluruh dunia, termasuk empat operator telekomunikasi besar di Amerika Serikat.

Perusahaan itu mengharapkan penjualan pesat Galaxy S dapat membantu penjualan ponsel pintar 2010 mencapai 25 juta unit, dan mengangkat Samsung ke posisi keempat dalam peringkat ponsel pintar global - di belakang Nokia, Research in Motion Ltd, dan Apple.

Galaxy S adalah model ponsel pintar Samsung terlaris, hampir sesuai dengan jumlah penjualan ponsel pintarnya tahun lalu. Samsung mengatakan jika akan menjual 5 juta unit Galaxy S dalam kuartal ini.

"Target pencapaian terdengar Samsung memiliki banyak kartu untuk bermain, termasuk pemotongan harga dan memperluas penawaran untuk kelompok operator yang lebih luas," kata Seo Won-seok, analis dari NH Investment & Securities. "Risikonya hanya akan kekurangan komponen kunci seperti tampilan layar berkualitas tinggi."

Samsung mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah bahwa Wave II berbasis Bada, memiliki layar LCD 3,7 inci, kamera lima megapixel dan mendukung perekaman video, pertama kali akan dijual pada November di Prancis, demikian mengutip Reuters.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010