Jakarta (ANTARA News) - Pengunjung pesta buku "Indonesia Book Fair 2010" yang digelar di Senayan, Jakarta, terus meningkat, baik yang sekedar melihat dan membaca buku, maupun pembeli dan penikmat buku.

"Pengunjung makin hari makin meningkat," kata Robinson Rusdi, Sekretaris Panitia "Indonesia Book Fair 2010" kepada ANTARA News.

Hanya karena kendala cuaca buruk dalam sepekan ini yang membuat kenaikan jumlah pengunjung tidak terlalu besar, tambah Rusdi.

Robinson mengungkapkan panitia sebenarnya menargetkan sepuluh ribu pengunjung per hari pada pameran tahun ini, namun karena cuaca buruk tampaknya target itu tak terpenuhi.

Dia menyebut pameran buku yang diadakan untuk ke-30 kalinya ini adalah rutinitas tahunan. "Pameran ini merupakan suatu program promosi bersama diantara para penerbit," katanya.

Tercatat 80 perusahaan penerbit buku dan 20 perpustakaan daerah mengikut pameran buku ini.

Menurut Robinson, para pengunjung datang ke pameran ini dengan tiga motif, yaitu mendapatkan buku baru, diskon hingga 70 persen, dan acara-acara pendukung seperti bincang-bincang dan bedah buku.

Berdasarkan pengamatan Rudi, para pengunjung umumnya memburu buku-buku bertema agama, kiat atau buku panduan, dan buku anak-anak.

Dan kabar baiknya, adalah pengunjung pameran didominasi pasangan muda yang datang bersama anak-anak mereka.

"Tampaknya para pasangan muda ingin menumbuhkan minat baca pada anak anaknya sejak dini," kata Robinson.

Untuk semakin menarik pengunjung, demikian Robinson, Sabtu ini akan ada acara "Meet & Greet Upin Ipin" dengan mendatangkan langsung "dubber" (pengisi suara) serial kartun anak itu dari Malaysia.

"Bakal ada lomba menirukan suara Upin Ipin," sambung Robinson.

Dia melanjutkan, pada akhir pameran akan ada acara cuci gudang buku dan diskon menarik. (*)

Yudha/Jafar

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010