Malang (ANTARA News) - Gol tunggal dari tendangan penalti Seme Pierre Patrick pada menit ke-94, mengantarkan tuan rumah Persema Malang meraih kemenangan tipis 1-0 (0-0) atas Persibo Bojonegoro pada pertandingan Liga Super Indonesia di Stadion Gajayana Malang, Sabtu malam.

Wasit Iis Isya Permana menghadiahkan tendangan penalti di masa "injury time" untuk tuan rumah Persema, setelah tangan kapten tim Persibo Victor Da Silva menyentuh bola di kotak terlarang.

Tendangan penalti yang dilakukan Pierre Seme Patrick harus diulang dua kali, karena wasit melihat adanya pergerakan dari salah seorang pemain sebelum eksekusi penalti yang pertama.

Sebenarnya tendangan penalti kedua Seme Patrick mampu ditepis kiper Persibo Saefudin, namun bola tetap meluncur ke dalam gawang karena tendangan pemain asal Kamerun itu cukup kencang.

Kemenangan ini merupakan yang pertama diraih Persema, setelah gagal mendulang angka pada dua laga tandang sebelumnya di Kalimantan pekan lalu.

Pada babak pertama Persibo mampu mengimbangi permainan tuan rumah, bahkan hingga 45 menit berakhir kedudukan imbang 0-0.

Sebenarnya peluang tuan rumah Persema cukup banyak, namun tidak satu pun yang berbuah menjadi gol. Bahkan, pada menit pertama Robby Gaspar nyaris membobol gawang Persibo yang dikawal Saefudin.

Gawang Persibo kembali terselamatkan dari gempuran anak asuh Timo Schuenemann, setelah Robby Gaspar kembali gagal memanfaatkan peluang tendang bebas dari luar kotak penalti.

Pada menit ke-30, tendangan jarak jauh Robby Gaspar yang cukup keras juga kembali gagal menembus gawang Persibo. Penjaga gawang Saefudin dengan cekatan menepis tendangan keras jarak jauh pemain asal Australia tersebut.

Memasuki 45 menit babak kedua tuan rumah mulai keteteran dengan serangan dan tekanan-tekanan yang diperagakan anak asuh Sartono Anwar tersebut. Bahkan, beberapa kali peluang emas nyaris membobol gawang Persema yang dikawal Sukasto Effendi.

Apalagi setelah masuknya Dicky Firasat yang menggantikan Euguine Dadi, serangan Persibo semakin tajam dantuan rumah "Laskar Ken Arok" semakin kesulitan menahan gempuran lawannya.

Pada babak kedua, pelatih Persema maupun Persibo tak mau menyia-nyiakan kesempatan tiga kali pergantian pemain. Di kubu Persema tiga pemain yang diganti pelatih Timo sceunemann itu adalah Yogi Alfian digantikan M Kamri, Bima Sakti diganti Isac Wanggai, dan Ngon Mamoun digantikan Syamsul Huda.

Sementara di kubu Persibo Bojonegoro, tiga pemain yang diganti itu adalah Eugiune F Dadi digantikan Dicky Firasat, Sumardi diganti M Hamzah dan Cucu Hidayat digantikan Iswadi Dai.

Peluang satu poin yang sudah di depan mata dan akan di bawa pulang Persibo akhirnya melayang, setelah tendangan penalti Seme Patrick pada menit ke-94 mampu merobek gawang Saefudin.

Sepanjang 90 menit pertandingan wasit Iis Isya Permana mengeluarkan tiga kartu kuning, masing-masing untuk Jefri Dwi Hadi dan Ngon Mamoun (Persema) dan Achmad Sumardi (Persibo).(*)
(T.E009/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010