Makassar (ANTARA News) - PSM Makassar sukses menaklukkan Persipal Palu dengan skor telak 5-0 dalam laga ujicoba yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu malam.

Kelima gol yang lahir masing-masing diciptakan Marwan Sayedeh (menit 13), Anoure Obiora Ricard (39, 57), Diva Tarkas (62) serta gol penutup yang dipersembahkan melalui titik pinalti oleh gelandang asal Australia, Srecko Mitrovic di menit ke 79.

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts seusai pertandingan mengatakan, meskipun hanya sebagai laga ujicoba, namun kemenangan ini diharapkan mampu memberikan motivasi tambahan ketika melakoni dua laga tandang berikut yakni, Sriwijaya FC (17 Oktober) dan Persib Bandung 23 Oktober 2010.

"Kemenangan ini diharapkan bisa membuat motivasi para pemain bisa lebih baik. Mudah-mudahan kita bisa meraih hasil maksimal pada dua laga nanti," katanya.

Asisten Manager Teknik PSM, Abdi Tunggal di Makassar, mengatakan, tujuan utama laga ujicoba ini tak lain memaksimalkan koordinasi antarpemain. Artinya hasil apapun tidak akan terlalu istimewa jika permainan Tim PSM tidak mengalami perkembangan yang lebih baik.

"Namun, saya lihat dalam laga ujicoba tadi ternyata semuanya berjalan cukup baik. Meskipun secara kualitas PSM masih berada satu level dari tim lawan, namun paling tidak bisa membuat pemain lebih santai bermain. Kita harap imbasnya bisa terbawa pada laga selanjutnya," jelasnya.

Dua laga tandang sebelumnya yakni menghadapi tuan rumah Persijap Jepara dan Persibo Bojonegoro, PSM memang berhasil membawa poin enam dari dua kemenangan beruntun. Namun secara permainan, Andi Oddang dkk belum mampu menunjukkan kerjasama yang maksimal, ucapnya.

Akibatnya, para pemain masih begitu gampang kehilangan bola. Kondisi ini tentu saja akan sangat berbahaya jika menghadapi tim yang lebih baik seperti Sriwijaya FC dan Persib Bandung yang akan dihadapi nanti.

"Alur bola dari belakang ke tengah hingga ke depan belum begitu maksimal. Persoalan inilah yang membuat pelatih begitu ngotot untuk melakukan serangkaian ujicoba sebelum mengadapi dua laga tandang. Hasilnya sendiri tidak mengecewakan," jelasnya.

Pada laga ujicoba kali ini juga dirangkaikan dengan prosesi launching skuad PSM menghadapi Indonesia Super Liga (ISL) musim 2010. Selain itu, Manajemen PSM juga melakukan launching Gerakan Nonton Bayar yang bertujuan mengajak seluruh pencinta PSM untuk lebih memberikan kontribusi terhadap tim kesayangannya.

"Meskipun kita telah diberi subsidi oleh pemerintah, namun kita tetap berharap agar seluruh masyarakat juga terlibat dalam membantu pemasukan PSM. Salah satu caranya dengan membeli tiket masuk," harap Ketum PSM, Ilham Arief Sirajuddin dihadapan ribuan penonton yang memadati stadion.(*)

(ANT-102/B/F003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010