Jakarta (ANTARA News) - Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Hekinus Manao, tehitung mulai November 2010 akan menjabat sebagai Direktur Eksekutif Bank Dunia (World Bank).

Situs Kemenkeu www. depkeu.go.id di Jakarta, Senin, menyebutkan, Hekinus yang menjabat sebagai Irjen sejak 12 Agustus 2008, menurut rencana akan bertugas di World Bank selama dua tahun hingga November 2012.

Sebagai Direktur Eksekutif, pria kelahiran Nias, 14 Juli 1956, akan mewakili 11 negara konstituen yaitu: Indonesia, Brunei Darussalam, Fiji, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Singapura, Thailand, Tonga, dan Vietnam.

Hekinus Manao yang diusulkan oleh Menteri Keuangan sebagai Direktur Eksekutif World Bank, berhak menduduki jabatan tersebut berdasarkan hasil pemilihan direktur eksekutif yang dilaksanakan oleh bank pembangunan multilateral itu pada akhir pekan ini.

Dewan Eksekutif Bank Dunia merupakan otoritas yang mewakili kepentingan negara anggotanya dan negara yang memilih mereka.

Dewan ini memiliki wewenang menjalankan operasional Bank Dunia seperti persetujuan anggaran dan pinjaman.

Hekinus sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kemenkeu dan sejak 2008 ditunjuk Menkeu saat itu Sri Mulyani, sebagai Irjen Kemenkeu hingga kini.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010