Palembang  (ANTARA News) - Pemerintah Kota Palembang sedang menyiapkan rumah potong hewan (RPH) berstandar internasional menghadapi pekan olahraga se-Asia Tenggara (SEA Games) 2011.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Palembang, Sudirman Tegoeh, kepada ANTARA News, Kamis, di Palembang, mengatakan bahwa pihaknya mendapat bantuan Rp3 miliar dari pemerintah pusat.

Dana tersebut dialokasikan untuk perbaikan pengolahan limbah RPH, katanya.

Menurut Sudirman Tegoeh, saat ini sarana limbah RPH belum memenuhi standar.

Padahal, menghadapi SEA Games bukan hanya sarana pertandingan yang harus siap, tetapi produk konsumsi juga mesti berstandar, ujarnya.

Sudirman Tegoeh mengatakan, pihaknya optimis pembangunan jaringan limbah segera dilaksanakan sehingga sebelum SEA Games sarana tersebut siap.

Dengan sistem pengolahan limbah RPH internasional tentunya mendukung tersedianya daging berkualitas, katanya.

Sudirman Tegoeh menjelaskan, selain menyiapkan jaringan pengolahan limbah yang berstandar internasional pihaknya juga menyiapkan telur, ayam dan sayuran yang sesuai ketentuan.

Hal itu, membuktikan persiapan segala bidang dilakukan agar SEA Games berlangsung sukses dari segala bidang, ujarnya.

Sudirman menambahkan, produksi konsumsi yang sehat dan berkualitas tentunya akan mendukung suksesnya penyelenggaraan SEA Games.

Ia menambahkan, sukses SEA Games bukan hanya dari penyediaan sarana pertandingan yang berstandar internasional, tetapi faktor konsumsi juga sangat mendukung sukses perhelatan olahraga tingkat ASEAN dua tahun sekali itu.
(T.ANT-037/I006/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010