Jakarta (ANTARA News) - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Paimin Napitupulu menduga, penyebab kebakaran Lantai 6 Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jalan Dr Wahidin, Pasarbaru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, adalah puntung rokok yang dibuang di tempat sampah.

"Api berasal dari ruang pantry di lantai 6 dan padam pukul 12.20 WIB. Dugaan sementara, penyebabnya adalah puntung rokok yang dibuang di tempat sampah," jelas Paimin, Kamis.

Paimin menuturkan, pemadaman berlangsung lama karena Dinas Kebakaran hanya menurunkan tujuh unit mobil pemadam kebakaran.  Lalu mendatangkan lagi 11 mobil pemadam kebakaran dari beberapa wilayah di Ibukota.

"Total mobil yang dikerahkan 18 unit," tambah Paimin.

Kini, asap sudah tidak terlihat lagi, sementara mobil pemadam sudah ditarik. Ratusan karyawan masih berteduh depan lobigedung, dan sebagian lagi sudah kembali ke dalam gedung.

Kamis pukul 11.30 asal tebal membumbung keluar dari lantai 4, 5, dan 6 Gedung Kemenkeu, sehingga membuat panik semua penghuni gedung.  Beberapa jam kemudian api berhasil dipadamkan dinas kebakaran. (*)

ANT/AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010