Lagoi, Bintan (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono secara resmi membuka Tour de Bintan di kawasan wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu.

Pembukaan ditandai Agung Laksono dengan melepas sebanyak 500 peserta balap sepeda yang terbagi dalam lima kelompok.

Sebanyak 500 peserta yang berasal dari 20 negara tersebut akan menempuh jarak 165 kilometer mengelilingi Pulau Bintan dari Lagoi menuju Kota Tanjungpinang dan kembali lagi ke Lagoi.

"Selamat bertanding dan menikamti keindahan alam Bintan," kata Agung sebelum melepas peserta.

Dari 500 atlet yang ikut berlomba juga terdapat tiga orang mantan juara dunia balap sepeda junior asal Australia.

Diperkirakan mereka akan menyelesaikan jarak 165 kilometer tersebut selama 3 sampai 4 jam.

Dirjen Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwanda mengharapkan Tour de Bintan menjadi kalender olahraga dan pariwisata yang terus menerus dilakukan.

"Tour de Bintan sangat bagus untuk menunjang kunjungan wisata ke Indonesia khususnya Bintan dan diharapkan terus berlanjut," kata Sapta.

Gubernur Kepulauan Riau HM Sani mengatakan, selain olahraga balap sepeda, Tour de Bintan juga merupakan ajang promosi pariwisata Kepulauan Riau dan Bintan khususnya.

"Ke depannya kami akan tingkatkan menjadi Tour de Kepri, sehingga bukan hanya keindahan alam Bintan yang akan dinikmati pembalap, tapi juga keindahan beberapa daerah lainnya di Kepulauan Riau," katanya.

(ANT-029/R014/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010