Jeddah (ANTARA News) - Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan Chairul Radjab Nasution optimistis tingkat angka kematian jemaah haji pada 1431H/2010 M menurun, karena cukup baiknya pengecekan kesehatan di Tanah Air dan makin membaiknya fasilitas di Arab Saudi.

"Tingkat angka kematian pada musim haji tahun ini akan berkurang. Ada kecenderungan angka kematian dalam tiga tahun terakhir ini turun," kata Chairul di Jeddah, Sabtu.

Tahun lalu anggota jamaah haji Indonesia yang meninggal sebanyak 312 orang, menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai 400 dan tahun sebelumnya hingga enam ratus orang.

Selain karena faktor cuaca, Chairul menilai pelaksanaan pelayanan kesehatan yang sifatnya mencegah semakin meningkat dari tahun ke tahun.

"Kami optimistis pelayanan kesehatan semakin membaik, indikatornya jamaah haji yang meninggal semakin sedikit," katanya.

Dirut RS Fatmawati Jakarta ini menyambung, "Sosialisasi peventif terhadap jamaah risiko tinggi inilah yang terus kami giatkan agar para jamaah selalu bisa menjaga kesehatannya. (*)


E001/A025/AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010