Los Angeles (ANTARA News/AFP) - Barbara Billingsley, aktris yang memainkan peran ibu ideal Amerika June Cleaver pada serial televisi 1950-an "Leave It To Beaver", meninggal dalam usia 94 tahun, kata wanita jurubicaranya, Sabtu (16/10).

Barbara meninggal di Santa Monica, Sabtu, setelah lama menderita sakit, demikian antara lain isi pernyataan dari wakil keluarganya, Judy Twersky.

Tayangan yang sangat terkenal itu memulai tayangan pada 1957, dengan menampilkan Barbara dalam peran ibu yang bersifat manis dan tinggal di rumah yang memakai sepatu hak tinggi, pakaian bagus dan permata saat dia memasak kue dan merawat dua putra serta suaminya. Tayangan tersebut mengudara sampai 1963.

"Ibu favorit Amerika sekarang telah tiada. Aku merasa sangat beruntung telah jadi `putranya` selama 11 tahun," kata Tony Dow --yang memerankan tokoh Wally Cleaver. "Kami dulu adalah teman yang menyenangkan dan aku akan sangat kehilangan dia."

Barbara, yang memulai karirnya sebagai model sebelum terjun ke dunia peran, menikah tiga kali dan meninggalkan dua putra --Drew serta Glenn.

"Ibu kami benar-benar ibu terbaik. Dia seorang pengasuh, berkelas dan menawan sebagai `June Cleaver` dan kami sangat bangga dapat berbagai dia dengan dunia," kata Glenn Billingsley. (C003/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010