Tokyo (ANTARA News/AFP) - Para menteri dari negara-negara Asia-Pasifik mengingatkan pada Ahad bahwa keamanan pangan sedang berada di persimpangan jalan, dan menyerukan untuk meningkatkan produksi untuk membantu satu miliar orang kekurangan gizi di seluruh dunia.

Para menteri yang bertanggung jawab akan keamanan pangan dari keanggotaan Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) juga menekankan kebutuhan untuk meningkatkan investasi dan perdagangan supaya mempromosikan sistem distribusi efisien dan adil untuk mengurangi kelaparan global.

"Keamanan pangan global sedang berada di persimpangan jalan. Harga makanan meningkat pada 2007 dan 2008 menjadi tahun peringatan pada keamanan pangan dalam jangka panjang," kata mereka dalam satu deklarasi setelah pertemuan di Niigata, Jepang.

"Meningkatkan ketersediaan pangan yang aman, bergizi dan cukup di kawasan APEC melalui perluasan kapasitas pasokan... akan diperlukan untuk menentukan suatu kemungkinan ketimpangan pasokan-permintaan pangan yang dapat berdampak pada penduduk masa mendatang dan pertumbuhan pendapatan," dalam pernyataan tersebut.

"Sekarang waktunya untuk mengambil tindakan jelas untuk memberi makanan masa depan," lanjutnya.

Pertemuan tersebut dilaksanakan terlebih dahulu dari pertemuan APEC tahunan, yang akan dilakukan di Yokohama bulan depan.(*)

(Uu.SYS/KR-IFB/H-AK/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010