Moskow (ANTARA News/AFP) - Rusia dan Polandia mencapai kesepakatan memperpanjang pengiriman gas Rusia ke Polandia hingga 2022 dan pengiriman melalui jalur pipa atau transit gas Rusia melalui wilayah Polandia ke Eropa hingga 2019, kata perusahaan raksasa gas Gazprom Senin.

Rusia secara bertahap meningkatkan pengiriman gas ke Polandia dari 9,7 miliar meter kubik pada tahun ini menjadi 11 miliar pada 2012, volume yang tetap tidak berubah pada tahun-tahun berikutnya, kata grup Rusia itu dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh sejumlah kantor berita.

Gazprom dan mitra Polandia PGNiG pada Januari mencapai kesepakatan jangka panjang yang mencakup pengiriman dan transit gas. Namun hal itu belum mendapat persetujuan dari pemerintah Polandia, yang menunggu peraturan dari Uni Eropa dalam rangka penyesuaiannya dengan undang-undang Uni Eropa.

Perjanjian itu mengatur tentang perpanjangan waktu hingga 2045 pengiriman gas Rusia ke Eropa bagian barat melalui jaringan pipa Iama Eropa, yang melalui wilayah Polandia. (A023/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010