Palembang (ANTARA News) - Manajemen Sriwijaya Football Club menerima kompensasi sebesar Rp25 juta untuk setiap pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh salah satu televisi swasta, kata Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri Faisal Mursyid di Palembang, Selasa.

"Kompensasi dalam bentuk uang adalah hal yang lumrah diberikan stasiun televisi swasta ke klub karena menyiarkan pertandingan secara langsung," kata dia.

Menurut dia, terdapat 24 pertandingan yang direncanakan disiarkan secara langsung oleh televisi swasta pada musim kompetisi 2010-2011.

"SFC akan mendapatkan kompensisasi dari penyiaran pertandingan secara langsung berkisar Rp600 jutaan," ujar dia.

Dia tak menampik manajemen SFC cukup senang atas kompensasi itu, mengingat setiap pertandingan yang ditayangkan secara langsung di televisi berimbas pada penurunan jumlah penonton.

"Memang diakui setiap ada siaran langsung, klub kerap kali mengalami kerugian, bisa-bisa setiap pertandingan mencapai Rp75 juta. Dengan adanya kompensasi itu, setidaknya dapat mengurangi sedikit kerugian," kata dia.

Menurut dia, jumlah penonton di stadion akan mengalami penurunan yang cukup drastis jika pertandingan disiarkan secara langsung.

"Masyarakat Sumsel ini belum begitu militan dalam mendukung SFC. Berbeda dengan kota-kota lain, yang meskipun disiarkan langsung oleh televisi, stadionnya tetap penuh," ujar dia.

Dia melanjutkan, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (markas SFC) pun akan sepi penonton, apabila pada laga sebelumnya mengalami kekalahan. (ANT-039/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010