Jakarta (ANTARA News) - Seorang pria bule pada hari Rabu diamankan kepolisian daerah Metro Jaya setelah sekitar 15 menit berenang di kolam air mancur Tugu Selamat Datang atau yang biasa disebut Bundaran HI.

Bule tersebut selama berenang dibujuk oleh polisi untuk menyudahi aksinya. Petugas bahkan terpaksa memadamkan air mancur karena khawatir si bule kena strum di kolam itu.

Setelah hampir 15 menit bule itu tak mau juga keluar kolam, seorang warga menghampirinya dan kembali membujuk. Kali ini si bule naik ke tepi kolam. Polisi pun segara membawanya ke pos polisi. Selanjutnya, bule itu dibawa pergi dengan mobil polisi.

"Ke imigrasi," kata seorang petugas di pos polisi Bundaran HI saat ditanya arah mobil polisi tersebut.

Bule tersebut bernama Matthew Thomas (20-an) warga negara Irlandia.

Thomas, yang mengenakan baju hitam, jeans belel dan tanpa alas kaki itu, sejak pagi hilir-mudik di Bundaran HI. Dia sempat akan menceburkan diri ke kali di sekitar tempat itu tapi dicegah polisi.

"Tadi dia masuk ke Kedutaan dulu," kata Hari Sudewo, staf pengaman diplomatik Kedubes Inggris. Kedutaan tersebut letaknya berseberangan dengan Bundaran HI.

Hari mengatakan, Thomas adalah warga negara Irlandia yang setahun lalu berkunjung ke Indonesia. Thomas kehilangan barang-barangnya di Indonesia dan tidak bisa pulang ke negaranya.

"Tadi dia masuk kedutaan untuk minum kopi, tahu-tahu dia keluar dan nyebur air mancur," kata seorang satpam kedutaan tersebut.
(Yud/A038/BRT)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010