Beijing (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mengaku terkesan dengan semangat kerja masyarakat China yang sangat tinggi.

"Ada beberapa hal yang sangat mengesankan selama dua hari berada di China," kata Boediono, di Beijing, Rabu malam, saat bertemu dengan masyarakat Indonesia yang berada di China.

Wapres yang didampingi Herawati Boediono menuturkan, sejak tiba di Nanning, mengawali kunjungan kerja dua harinya di China, banyak hal positif yang bisa dipelajari.

"Ada beberapa hal yang sangat mengesankan. Semangat kerja orang-orang di sini sangat menonjol. Begitu mendarat di Nanning disambut anak-anak yang menari-nari sangat meriah dan penuh semangat," kata Boediono

Selain itu, tambah Wapres, masyarakat Negeri Tirai Bambu juga memiliki produktivitas dan disiplin tinggi, hingga menjadikan China sebagai salah satu negara maju.

Wapres menyayangkan dirinya belum melihat semangat itu pada masyarakat Indonesia, minimal di Jakarta.

"Semangat mereka sangat luar biasa," kata Wapres Boediono menegaskan.

Wapres mengatakan, semangat, produktivitas dan disiplin tinggi merupakan hasil pendidikan yang diterapkan sejak kecil.

"Pendidikan dasar sejak kecil menentukan pembentukan sikap dasar. Pendidikan perlu dipelajari lebih baik untuk mengubah sikap dasar," katanya.Wapres Boediono kembali ke Tanah Air pada Kamis dini hari.
(R018*U002/s018)

Pewarta: NON
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010