Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri (PM) Australia, Julia Gillard, dijadwalkan melakukan lawatan ke Indonesia pada 1-2 November 2010.

"Perdana Menteri Gillard dijadwalkan berkunjung ke Indonesia 1-2 November," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Gedung Kementerian Luar Negeri Jakarta, Jumat.

Menlu mengataka, Pemerintah Indonesia menyambut baik rencana kunjungan PM Gillard tersebut.

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kenegaraan pertama Julia Gillard, setelah terpilih sebagai Perdana Menteri Australia menggantikan Kevin Rudd.

Lawatan Gillard ke Indonesia dilakukan sebelum PM Australia tersebut menghadiri pertemuan puncak G-20 dan APEC pada pekan kedua Novermber.

Pertemuan dwipihak antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan PM Gillard akan menjadi momentum untuk bertukar pikiran mengenai berbagai isu dwipihak, kawasan dan global.

Kunjungan PM Gillard diharapkan meningkatkan hubungan kedua negara serta mempertegas hubungan dan kemitraan di berbagai bidang dan tingkatan.

Sebelum ke Indonesia, Gillard dijadwalkan melakukan lawatan ke Malaysia.

Julia Gillard adalah PM ke-27 Australia dan wanita pertama yang menjadi PMi Australia setelah diambil sumpahnya pada 14 September 2010.

Gillard menggelar pemilihan umum bulan lalu setelah menggeser Kevin Rudd dalam susunan pimpinan Partai Buruh. Kevin Rudd dalam pemerintahan baru tersebut kemudian menjadi menteri luar negeri.
(T.G003/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010