Bakauheni, Lampung Selatan, (ANTARA News) - Jalan lintas Sumatera di kilometer 79 Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, akan segera ditutup total untuk mempercepat pengerjaan perbaikan jalan negara tersebut.

Pengawas Perbaikan dari PT Syukri Balak Lampung, Fajar, mengatakan di Kalianda, Sabtu, penutupan untuk perbaikan tersebut rencananya dilakukan hari ini, Sabtu.

"Kendaraan akan dialihkan melalui jalur lintas timur Simapng Gayam-Simpang Ketapang," kata dia.

Dia mengatakan, surat izin dari pemerintah pusat turun untuk penutupan jalan lintas Sumatera tersebut sudah ada. Surat izin tersebut telah ditembuskan kepada seluruh instansi terkait yang terlibat didalamnya dan kepolisian setempat untuk membantu kelancaran arus lalu lintas.

Menurut dia, badan jalan lintas Sumatera akan segara dibongkar untuk pemasangan gorong-gorong di bagian dasar dengan kedalaman 24 meter dari permukaan badan jalan.

Dia menerangkan, jika jalan lintas Sumatera tidak ditutup maka perbaikan tidak akan selesai sementara arus kendaraan di jalan tersebut sangat tinggi baik Sumatera-Jawa atau sebaliknya.

Perbaikan jalan lintas Sumatera itu terkendala tingginya curah hujan yang membuat pengerjaan terhambat dan masih mencapai sekitar 50 persen.

"Kami masih memasang 23 gorong-gorong dari 50 gorong-gorong yang akan dipasang," ujar dia.
(ANT048/R007)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010