Vancouver (ANTARA News) - Aktor Hollywood Randy Quaid dan istrinya akhir pekan lalu mengatakan mereka khawatir terancam keselamatannya dan meminta status pengungsi ke Kanada. Di sisi lain, Randy dan istrinya sedang dicari di Amerika Serikat dengan tuduhan vandalisme.

Seperti dilaporkan Reuters, pasangan tersebut ditangkap di Vancouver pada hari Kamis setelah polisi setempat menanggapi permintaan pihak berwenang di California.

Evi Quaid di pengadilan imigrasi Kanada mengatakan delapan teman akting suaminya dibunuh dalam beberapa tahun terakhir dan mereka takut akan jadi giliran berikutnya. "Kami merasa hidup kita dalam bahaya," katanya kepada Dewan Imigrasi dan Pengungsi.

Pengacara mereka, Brian Tsuji, membacakan catatan dari pasangan itu untuk wartawan. "Ya, kami mencari suaka agar selamat dari para pembunuh bintang Hollywood."

Randy Quaid, 60, mengeluh ia telah diincar selama 20 tahun. Dia tampil dalam film antara lain "The Last Picture Show," dan "Brokeback Mountain". Randy adalah saudara dari aktor Dennis Quaid.

Meski ada keberatan dari pihak berwenang perbatasan Kanada, dewan imigrasi membebaskan pasangan itu dengan denda jaminan 10 ribu dolar sampai sidang pada Kamis depan. Suami-istri itu berpelukan saat mendengar keputusan tersebut. Mereka mengatakan harus mempersiapkan diri untuk sidang selanjutnya, termasuk mencari tempat perawatan bagi anjing kecil peliharaan mereka.

Pasangan itu datang ke Kanada pada hari Minggu. Keesokan harinya, hakim di California mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi mereka karena tidak hadir di sidang pengadilan. Kasus yang dituduhkan adalah pasangan itu menghuni rumah yang tak lagi mereka miliki.

Pasangan itu mengatakan mereka datang ke Kanada untuk liburan. Mereka menemui seorang pengacara di Vancouver dan menanyakan prosedur berimigrasi ke Kanada. Saat itu juga mereka mendapat kabar tentang surat perintah penangkapan. Pasangan itu membantah tuduhan yang disangkakan.

Randy Quaid pernah ditangkap pada bulan September atas dugaan pencurian dan masuk tanpa izin. Evi Quaid juga ditangkap dengan tuduhan yang sama ditambah melawan petugas saat akan ditangkap.

Awal tahun ini, mereka ditangkap atas tuduhan tak bayar tagihan hotel di California. Evi Quaid diharuskan 10.500 dolar dalam kasus itu.
(A038/A038/BRT)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010