Magelang (ANTARA News) - Ratusan warga dari berbagai dusun, Selasa malam, berkumpul di Balai Desa Argomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jateng, menyusul peningkatan aktivitas Gunung Merapi.

Warga Dusun Sabrang Desa Argomulyo Paijo (50) mengatakan dirinya beserta keluarga langsung menuju ke Balai Desa Argomulyo. "Kami bergegas menuju ke balai desa karena ada hujan abu yang turun di dusunnya," katanya.

Ia mengatakan dirinya belum tahu apakah dari balai desa ini akan diungsikan ke tempat lain atau tidak. "Yang penting kami berkumpul dulu di balai desa, soal kelanjutannya saya belum tahu," katanya.

Hal senada juga diungkapkan beberapa warga lain yang terlihat mengendong anaknya dan membawa barang-barang seperlunya menuju ke Balai Desa Argomulyo yang jaraknya sekitar sembilan kilometer arah barat daya puncak Gunung Merapi tersebut.

Sementara itu jalan di depan balai desa tersebut terlihat lalu lalang sejumlah kendaraan seperti truk, pikap, dan sepeda motor yang turun ke bawah untuk mencari tempat aman berkaitan dengan peningkatan aktivitas gunung yang berada pada ketinggian 2.968 meter di atas permukaan air laut.

Sementara itu dari pengeras suara, terdengar petugas menyerukan agar masyarakat tenang menyikapi kejadian tersebut. (M029*H015/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010