Magelang (ANTARA News) - Listrik di sejumlah desa yang berada di lereng Gunung Merapi, Selasa malam, padam, menyusul peningkatan aktivitas gunung yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan DI Yogyakarta.

ANTARA di lokasi kejadian, menyebutkan, listrik yang padam tersebut berada di Desa Argomulyo, Sumber, dan Kalibening, sehingga beberapa warga yang masih berada di desa tersebut menggunakan baterei untuk penerangan terutama saat melakukan aktivitas.

Pemadaman listrik di sejumlah desa tersebut diperkirakan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan berkaitan dengan peningkatan aktivitas gunung yang mencakup wilayah Kabupaten Sleman (Yogyakarta), Kabupaten Klaten, Magelang, dan Boyolali (Jawa Tengah).

Sementara itu situasi cuaca di lereng gunung yang berada pada ketinggian 2.968 meter di atas permukaan air laut tersebut hujan gerimis sehingga mengakibatkan abu vulkanik gunung yang turun berserakan di jalan-jalan dan genting rumah penduduk tersapu air hujan.

Kondisi jalan yang semula tertutup abu vulkanik saat itu sudah bersih karena terbawa air hujan.

Sementara itu proses evakuasi masih terus dilakukan meskipun jumlah warga yang diungsikan sudah tidak banyak seperti pada Selasa petang. Petugas masih lalu lalang naik truk maupun mobil bak terbuka untuk mengangkut warga yang masih tersisa untuk diungsikan di tempat yang dinilai aman. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010