New York (ANTARA News) - Pengakses Internet mobile di Amerika Serikat (AS) sangat gemar memanfaatkan aplikasi games dibanding menggunakan browser, demikian laporan e-Marketer.

Lembaga riset pemasaran yang didirikan pada 1996 itu mencatat, Adobe System Incorporated memperlihatkan bahwa 61 persen pengguna Internet Mobile di AS selama Agustus 2010 lebih menyukai aplikasi games yang mereka unduh.

Sisanya (31%) di antara mereka, dalam laporan akhir e-Marketer, masih memanfaatkan fasilitas berselancar (browser) di perangkat Internet Mobilenya.

Perangkat Internet Mobile yang paling banyak mereka gunakan adalah telepon jenis cerdas (smartphone), dan alat komunikasi terhubung Internet ukuran saku (gadget).

e-Marketer yang berkantor pusat di New York (AS) itu mencatat pula, aplikasi Internet Mobile juga dimanfaatkan untuk mendengarkan musik (55%), jejaring sosial (54%), akses info lokal layaknya cuaca dan peta (46%), serta nonton video (42%).

Adapun jumlah pengakses berita (infotainmen, isu nasional dan internasional) menggunakan aplikasi Internet Mobile mencapai 37 persen, kemudian memantau hasil pertandingan olahraga (33%), akses blog (25%) dan membaca ulasan produk (22%).

Kecenderungan semacam itu, menurut e-Marketer, seiring dengan kian pesatnya produk dari bisnis pembuatan aplikasi Internet Mobile yang beragam.

Pengguna Internet Mobile juga semakin memiliki banyak pilihan situs penjualan aplikasi, yang beberapa diantaranya juga menyajikannya secara cuma-cuma. (*)

Penerjemah:
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010