Pekanbaru (ANTARA News) - Pipa minyak mentah PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) meledak di Desa Manggala Jonson, Kelurahan Banjar 12, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Kamis.

"Dua anak luka bakar parah akibat terkena ledakan," kata seorang warga, Andi, ketika dihubungi dari Pekanbaru.

Ledakan itu terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Pipa minyak itu berada tak jauh dari permukiman warga. Dua anak yang menjadi korban bernama Wanda (6) dan Rini (16).

Ia mengatakan dua anak yang menjadi korban terluka sangat parah karena sekujur tubuh terkena minyak dan melepuh. Menurut dia, korban luka sudah dibawa ke klinik Chevron.

"Suara ledakan sangat keras dan awalnya saya kira itu bom yang meledak. Lalu minyak muncrat dari pipa sampai setinggi 10 meter," katanya.

Menurut dia, tiga rumah wargma terkena semburan minyak mentah.Pemilik rumah antara lain Anto, Sukidi dan Yunus. Minyak berwarna hitam pekat memenuhi dinding, atap hingga halaman rumah.

"Satu motor warga juga rusak karena terpental hingga 15 meter karena ledakan pipa yang sangat keras," ujarnya.

Kasat Reskrim Polres Rohil AKP Arif Hidayat Ritonga membenarkan insiden ledakan pipa Chevron itu. Ia mengatakan personel polisi langsung diterjunkan ke lokasi untuk mengamankan daerah di sekitar lokasi ledakan yang tak jauh dari Jalan Lintas Sumatera menuju Medan, Sumatera Utara.

"Pihak perusahaan kabarnya juga sudah di lokasi untuk menanggulangi minyak yang menggenangi rumah warga," katanya.
(ANT/A024)

Pewarta: NON
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010